WordPress vs. Blogger – Mana yang lebih baik?

WordPress atau Blogger

Kamu berencana membuat blog baru? Atau kamu bingung mau menggunakan platform blogging yang mana, blogger atau wordpress? Baiklah, mungkin artikel ini akan memberikan beberapa penjelasan mengenai perbedaan wordpress dan blogger.

WordPress dan Blogger adalah dua platform blogging yang paling banyak digunakan. Keduanya dapat digunakan dengan sangat mudah, bahkan bagi pemula yang tidak paham coding dan HTML sekalipun. Namun pastinya kedua platform tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Agar lebih jelas, kita akan membahas keunggulan dari wordpress dan blogger dengan poin-poin berikut:

  • Kemudahan Penggunaan
  • Kepemilikan Blog
  • Desain
  • Pengaturan
  • Keamanan

Sebagai tambahan, wordpress yang dimaksudkan pada artikel ini adalah wordpress.org, bukan wordpress.com. Baca perbedaannya di: Perbedaan WordPress.org dengan WordPress.com


Gambaran umum WordPress dan Blogger

Faktanya, wordpress dan blogger saat ini sangat populer di internet sebagai platform blogging. Banyak pendapat yang lebih memilih menggunakan wordpress, danbso banyak juga yang lebih memilih menggunakan blogger. Keduanya memiliki fitur-fitur dan keunggulan masing-masing. Berikut gambaran singkatnya:

Apa itu WordPress?

WordPress adalah aplikasi web yang free open source atau gratis yang memberikan kamu kesempatan untuk membuat website atau blog dengan mudah. WordPress sudah ada sejak tahun 2003, dan saat ini telah menjadi platform blogging terpopuler dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia.
Baca juga: Perbedaan website dengan blog

Kamu bisa mendownload software wordpress secara gratis langsung dari websitenya (Download disini), kemudian menginstalnya sendiri ke website kamu. Tapi, bagi orang awan dan pemula yang tidak paham dunia website dan sebagainya, biasanya pada hosting provider akan membantu menginstalkan wordpress ke website kamu.

Untuk memulai blogging di wordpress, yang pertama kamu butuhkan adalah hosting dan domain. Ada banyak sekali web hosting yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kamu. Kemudian barulah kamu bisa menginstal wordpress ke website kamu. Mungkin terdengar sangat rumit pada awalnya, namun ada banyak sekali tutorial di Internet mengenai hal ini. Kamu bisa juga baca di sini: Memulai blogging wordpress untuk pemula.

Apa itu Blogger?

Blogger adalah layanan blogging gratis milik raksasa teknologi Google. Blogger sudah ada sejak tahun 1999 dan dikelola oleh Pyra Labs, dan kemudian di ambil alih oleh Google pada tahun 2003. Sejak saat itu, popularitas blogger terus meningkat hingga hari ini.

Sama seperti WordPress, Blogger juga gratis. Bedanya, Blogger kamu tidak perlu repot-repot mencari hosting karena sudah langsung disediakan oleh google. Jadi kamu hanya perlu memikirkan nama domain apa yang akan kamu gunakan. Jika kamu belum tahu tentang domain, silahkan baca di: apa itu domain?

Sayangnya, domain yanng kamu daftarkan di blogger akan menjadi subdomain. Misalnya kamu ingin membuat blog dengan nama domain blogsaya.com, maka alamat website kamu akan menjadi blogsaya.blogspot.com. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa WordPress lebih populer dari Blogger. Tapi Blogger masih punya keunggulan karena gratis, hehe.

Namun, kamu juga bisa membuat domain kamu menjadi domain utama di Blogger, dan tentunya kamu harus bayar untuk pembelian domain dan sebagainya. Jika kamu tertarik untuk mencoba menggunakan platform blogger, bisa langsung ke: Create Blogger

Baca Juga:  Apa itu Sitemap? - Fungsi dan cara membuatnya

Kemudahan Dalam Penggunaan WordPress vs. Blogger

Kebanyakan orang yang ingin membuat blog bukanlah seorang web designer atau web developer. Mereka adalah orang-orang yang hobi menulis, bercerita, dan tidak harus seseorang yang memiliki bisnis. Maka dari itu, kebanyakan dari blogger menginginkan sistem pengoperasian yang dapat mempermudah kerja mereka saat berbagi tulisan di internet.

Kemudahan penggunaan WordPress

Pengaturan blog di Wordpress adalah hal yang cukup simpel dan cepat. Kita tidak memerlukan kemampuan coding, tetapi cukup dengan memahami menu-menu yang ada pada platform ini. Instalasi WordPress terbilang cukup mudah, bahkan penyedia hosting biasanya menyediakan bantuan instalasi wordpress ke website kita. Jadi kita tidak perlu repot-repot menginstalnya.

Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin memulai blog wordpress, silahkan baca panduannya di: Memulai blog wordpress baru.

Setelah pengaturan awal selesai, kamu bisa memilih berbagai macam wordpress theme sesuai dengan keinginan kamu. Semua tema wordpress tersebut gratis, namun kamu juga dapat membeli tema premium yang memiliki fitur-fitur lebih menarik.

WordPress juga memiliki berbagai macam plugin yang membuat kita sama sekali tidak memerlukan kemampuan coding. Semuanya sudah ada, tinggal kita yang memilihnya sesuai dengan kebutuhan blog.

Membuat konten di blog wordpress juga sangat mudah. Kita bisa membuat post dan pages dengan editor yang cukup mudah digunakan, mirip dengan aplikasi-aplikasi berbasis teks yang sering kita gunakan seperti microsoft word.
Baca juga: Perbedaan post dan page

Wordpress Classic Editor
WordPress Classic Editor

Tetapi, sejak update wordpress 5.0, editor wordpress diganti menjadi Block Editor dengan tampilan yang cukup berbeda dengan classic editor. Tapi penggunaannya juga tidak jauh berbeda dengan yang lama.

Gutenberg Block Editor WordPress
New Block Editor (Gutenberg)

Kemudahan Penggunaan Blogger

Blogger adalah platform blogging yang sangat simpel dan dapat kamu buat dalam hitungan menit saja. Kamu hanya membutuhkan akun google untuk memulainya sama seperti aplikasi-aplikasi milik google.

Kamu dapat mulai dari mengunjungi Blogger.com kemudian mendaftar dan mulai membuat blog kamu. Selanjutnya adalah hal biasa seperti membuat judul blog, nama blog, tema, dll. Cukup mudah kan?

Blogger tidak memerlukan instalasi seperti WordPress, karena Blogger sudah disediakan oleh google untuk langsung siap pakai. Kamu hanya perlu mengatur settingan blog, mengedit layout blog, dan kemudian membuat post.

Tampilan Blogger Editor

Pengaturan Blogger terbilang cukup simpel dan tidak serumit WordPress. Sayangnya, customize yang dapat kita lakukan pada blogger sangatlah terbatas dan sangat berbeda dengan WordPress dimana kita bisa meng-customize semuanya.


Kepemilikan Blog WordPress vs. Blogger

Kepemilikan dari sebuah blog adalah hal yang sangat penting untung dipertimbangkan saat kamu akan memulai sebuah blog baru.

Jika kita memiliki blog seutuhnya, maka kita memiliki kebebasan untuk melakukan apapun yang kita mau pada blog kita, mulai dari pengolahannya, setting nya, monetisasi, atau bahkan menutupnya. Jadi, kamu harus benar-benar mempertimbangkan platform mana yang akan kamu pilih.

Baca Juga:  Tahap 3: Pegaturan Awal Blog Wordpress

Pemilik Blog WordPress

WordPress adalah software gratis yang dibuat untuk para blogger, sehingga blogger bisa punya website berbasis blog sendiri. WordPress (.org) tidak menyediakan server ataupun hosting untuk para blogger, jadi blogger harus mencari penyedia hosting sendiri.

Setelah memiliki hosting, dan mempunyai nama domain, kamu akan menginstall WordPress dan kemudian memposting apa saja tanpa ada batasan dari pihak ketiga seperti community guidelines.

Semua data yang kamu punya di blog kamu adalah punya kamu seutuhnya dan kamu akan bertanggung jawab sepenuhnya. Sehingga kamu dapat mengatur penggunaannya, dan kamu dapat membagikannya kepada siapa saja. Kamu juga dapat membuat konten semau kamu asalkan tidak melanggar hukum yang berlaku.

Pemilik Blog Blogger

Blogger merupakan layanan blogging gratis yang sediakan oleh Google. Kamu dapat membuat akun Blogger dan memiliki blog hanya dalam hitungan menit.

Sayangnya, blog yang kamu daftarkan di Blogger tidak sepenuhnya milik kamu.

Google menyediakan layanan Blogger dan bisa menutupnya kapan saja jika blog kamu dianggap melanggar policy mereka. Hal ini sama kasusnya dengan Youtube yang juga milik Google. Kita bisa mengupload video apapun ke Youtube, namun jika video yang kita upload tidak pantas, maka Google berhak menutup akun Youtube kita.

Bahkan, Google bisa menutup akun kita tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan oleh Google untuk mengontrol konten-konten yang ada di Blogger agar tidak melanggar policy yang mereka miliki.

Tapi tenang, jika konten kamu baik-baik saja, Google juga tidak akan menghapus blog kamu.


Desain dan Customizing Blog

Desain yang menarik tentu memainkan peranan yang sangat penting untuk menarik perhatian user agar bertahan cukup lama di blog kamu. Oleh karena itu, kamu akan membutuhkan desain yang bagus dan elegan yang dapat mempertahankan user, mengurangi bounce rate, dan juga meningkatkan waktu kunjung yang lebih lama hingga mengunjungi halaman lain di blog kamu.

Desain Blog Blogger

Blogger memiliki pilihan tema yang cukup terbatas. Templates yang adapun sudah digunakan oleh ratusan bahkan ribuan blog diseluruh dunia. Bedanya hanya di pilihan warna yang bisa kamu atur sendiri. Semua tema dan template tersebut sudah standar dari Blogger, dan kamu tidak bisa memodifikasinya.

Blogger themes - Tema Blogger
Blogger themes

Ada juga beberapa template Blogger non-official yang tersebar di internet, namun biasanya template-template tersebut memiliki kualitas yang kurang memuaskan.

Kurangnya pilihan template di platform Blogger ini pastinya menjadi suatu kekurangan untuk para blogger yang ingin memodifikasi layout dan tampilan blognya sesuai keinginannya.

Desain Blog di WordPress

WordPress memiliki lebih banyak keunggulan dalam hal design and appearances.

Saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 6000 WordPress themes di official WordPress.org yang bisa kamu gunakan secara gratis. Ada juga Premium WordPress Themes yang memiliki berbagai fitur tambahan dan membuat blog kamu terlihat lebih profesional.

Tema-tema yang ada di WordPress dibuat oleh pihak ketiga yang memang kerjanya mendesign tema untuk WordPress dan menjualnya juga melalui WordPress. Tapi, jika kamu punya kemampuan web-design, kamu juga bisa mendesign sendiri blog wordpress kamu sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga:  Apa itu Domain?

Selain pilihan tema, WordPress juga memiliki berbagai macam plugin yang bisa membantu kamu mengelola dan mempercantik blog kamu. Sama halnya dengan tema, plugin WordPress dibuat oleh pihak ketiga, dan pada umunya dapat di-install secara gratis dan kemudian bisa diupgrade ke premium untuk mendapatkan fitur yang lebih baik.

Wordpress Plugin

Saat ini, setidaknya sudah ada lebih dari 50,000 plugin wordpress yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa memilih plugin manapun yang kamu butuhkan untuk blog kamu dan menginstalnya langsung melalui WordPress.


Keamanan WordPress vs. Blogger

Security atau keamanan adalah faktor penting lainnya dari mengelola blog. Semua orang pasti akan mencari hal yang terjamin dan aman. Oleh karena itu, faktor ini tidak bisa dilupakan dan wajib untuk dipertimbangkan. Jika tidak diperhatikan, blog yang sudah kamu kelola cukup lama bisa saja hancur dalam hitungan detik karena di blacklist atau di hack.

Keamanan Blogger

Apakah Blogger aman?

Kita semua mungkin setuju untuk mengatakan bahwa layanan dari Google sudah pasti terjamin keamanannya, karena Google sangat menjaga user mereka dengan memberikan proteksi-proteksi terbaik.

Saat menggunakan blogger, kamu tidak perlu memikirkan untuk mengamankan blog kamu, bahkan kamu tidak perlu cemas membuat back-up karena semuanya sudah dilakukan oleh Google.

Masalah yang mungkin akan kamu cemaskan adalah jika tiba-tiba server Blogger nya down, dan blog kamu tidak bisa diakses. Tapi pastinya hal tersebut sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi, karena Google adalah raksasa teknologi yang sudah sangat terpercaya, atau setidaknya itulah yang kita tahu tentang Google saat ini.

Keamanan WordPress

Apakah WordPress aman?

WordPress sebenarnya sudah cukup aman. Namun, karena WordPress adalah self-hosted, maka kamu bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dari blog kamu dan juga membuat backup.

Untungnya, ada banyak plugin wordpress yang membantu kamu dalam hal security. Walaupun lebih ribet dari Blogger, kamu tetap harus menjaga keamanan blog WordPress kamu dengan menginstall plugin-plugin security dan juga rutin melakukan backup.


Kesimpulan

WordPress dan Blogger adalah platform blogging yang paling banyak digunakan. Kamu tentu hanya akan memilih salah satunya. Atau mungkin bisa menggunakan dua-duanya dan membandingkannya sendiri.

Jika tujuan kamu membuat blog pribadi adalah untuk membagikan cerita-cerita kamu ke dunia maya, atau kamu tidak mau pusing memikirkan tema dan plugin apa yang harus kamu gunakan, maka kamu cukup menggunakan platform Blogger.

Tetapi, jika kamu ingin membuat blog pribadi yang terlihat lebih profesional, dan kamu juga punya banyak waktu untuk mendesain blog kamu, maka WordPress adalah pilihan yang tepat.

Blogger dibuat dan didesain memang untuk para penulis yang ingin membagikan ceritanya di dunia maya. Sedangkan WordPress didesain untuk lebih dari sekedar blogging, kamu bahkan dapat membuat blog kamu menyerupai toko online atau website profesional lainnya.

Sekarang adalah keputusan kamu untuk memilih. Semoga artikel tentang perbedaan WordPress dan Blogger ini dapat menjadi perbandingan untuk kamu dalam memilih platform blogging yang paling sesuai.

Leave a Comment