Tips Memulai Bisnis Jastip yang Benar agar Lebih Menguntungkan

Era digital saat ini sangat memudahkan kita melakukan banyak kegiatan, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar keinginan. Era ini juga memudahkan kita untuk membagikan dan memberitahukan kegiatan yang sedang kita lakukan, misalnya bepergian ke luar kota. Ketika sedang membagikan foto atau video kita di media sosial, banyak orang jadi tahu kita sedang ada dimana, sehingga seringkali mereka menitip sesuatu untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Itulah yang menjadi salah satu alasan munculnya bisnis jastip ini.

Apa itu Jastip? – Jastip adalah singkatan dari “Jasa Titip”, yaitu jasa yang diberikan seseorang untuk mencarikan dan membelikan barang yang diminta oleh seseorang. Misalnya ketika kamu melihat teman kamu sedang belanja ke Tanah Abang, lalu kamu minta tolong untuk dibelikan beberapa jenis barang disana. Pastinya orang yang memberikan jasa titip ini akan mendapat imbalan.

Seiring perkembangan, Jastip akhirnya menjadi salah satu bisnis yang sering dijalankan oleh orang yang hobi jalan-jalan. Mereka dengan sengaja mem-posting keberadaan mereka dan membuka Jasa Titip dengan imbalan tertentu sesuai dengan barang yang dititip untuk dibelikan.
Baca juga: 3 Kunci Sukses Memulai Bisnis bagi Pemula

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas tips-tips memulai dan menjalankan bisnis Jastip. Jangan salah, sangat perlu untuk mengetahui tips memulai bisnis jastip ini. Terlebih untuk kamu yang masih pemula, tak boleh sembarangan dalam memulai bisnis ini.

Inilah Tips Memulai Bisnis Jastip yang Benar

Sekarang ini, apalagi saat pandemi melanda, banyak orang lebih memilih belanja online atau menggunakan jasa titip. Apalagi bisnis jastip saat ini sangat kekinian dan banyak digandrungi orang-orang, terutama para kawula muda. Sebab bisnis ini memang tak membutuhkan modal besar, namun untung yang akan didapatkan cukup menggiurkan. Kamu hanya membutuhkan smartphone dan kuota internet. Berikut ini tips untuk memulai bisnis jastip.

Baca Juga:  5 Alasan mengapa Bisnis Online sangat menjanjikan

1. Menentukan Barang Jastip

Tahap awal sebelum memulai bisnis ini, perlu menentukan barang atau produk apa yang ingin kamu buka jasa titipnya. Kamu bisa melakukan riset pasar untuk mengetahui barang yang sedang trend dan banyak digandrungi. Terlebih barang yang ada di kota kamu, tetapi tidak ada di kota lain. Biasanya permintaan akan barang seperti itu akan sangat tinggi.

Pada tahap ini pula, kamu perlu memperhatikan lokasi belanja barang pilihan tersebut. Sebaiknya pilih tempat belanja yang mudah dijangkau, menyediakan berbagai jenis, serta memiliki harga terjangkau.

2. Tentukan Harga yang Masuk Akal

Bagi kamu yang masih baru ingin mengawali bisnis ini, jangan dulu mengambil untung yang terlalu besar. Apalagi harga barang yang kamu jual jauh lebih tinggi dari harga asli. Lebih baik jika mendapatkan untung yang standar, tetapi pembeli melakukan pembelian secara berkesinambungan atau terus-menerus. Daripada mendapatkan keuntungan sangat besar, tapi pembeli hanya melakukan satu kali pembelian.

3. Melakukan Promosi

Saat kamu ingin memulai bisnis, promosi adalah salah satu hal yang paling penting. Tujuannya tentu agar orang-orang tahu tentang bisnis yang sedang kamu lakukan. Silahkan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter, atau Facebook untuk melakukan promosi. Gunakan foto real dengan kualitas bagus, hastag yang tepat, dan caption yang kiranya dapat menarik pembeli.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Jika kamu sudah mendapatkan pembeli, berikan layanan yang terbaik. Misalnya perlakukan pembeli dengan ramah, beritahu kelebihan dan kekurangan produk yang sebenarnya, atau lakukan pengemasan dengan baik juga aman. Jangan tersinggung apa lagi berkata kasar ketika pelanggan komplain dengan layanan yang kamu berikan. Tapi jadikanlah komplain tersebut sebagai pembelajaran untuk memperbaiki layanan kamu.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Online yang Mudah dan Menguntungkan

Itulah beberapa tips memulai bisnis jastip yang bisa kamu lakukan. Dalam melakukan bisnis ini, kamu dituntut untuk selalu tahu barang yang sedang trend. Jangan sampai ketinggalan zaman, sehingga membuat bisnis yang kamu jalankan tidak berkembang dengan baik.

Sekian dulu artikel kali ini, baca juga artikel lainnya di alaguru.com

Baca juga:
Review VTUBE – SCAM atau ASLI?
Review Cashzine: Aplikasi Scam?
Cara memulai bisnis online yang mudah dan menguntungkan

Leave a Comment