Tips memilih theme WordPress yang paling bagus untuk blog

Tampilan blog adalah salah satu aspek penting yang harus dipertimbangkan oleh blogger. Jadi, kamu harus memilih theme yang paling tepat untuk blog kamu. Jangan pilih theme asal-asalan, apalagi yang tampilannya membuat “sakit mata”.

Theme juga berpengaruh untuk meningkatkan SEO. Tapi theme bukanlah faktor utama yang akan mendatangkan pengunjung ke blog walaupun theme memiliki andil untuk mempertahankan pengunjung agar mau berlama-lama di blog kita. Selain itu, juga bisa meningkatkan kemungkinan mereka akan berkunjung lagi. Coba bayangkan kalau tampilan blog kamu jelek, mungkin pengunjung hanya mampir sebentar lalu tidak mau datang lagi.

Jadi kamu harus benar-benar bijak ketika menentukan theme WordPress yang akan kamu gunakan untuk blog kamu. Nah, untuk kamu yang ingin tahu tips nya, berikut ini tips-tips cara memilih theme WordPress yang bagus.

Baca juga:
Perlengkapan awal blog WordPress


1. Beli theme Premium

Ada banyak theme yang bisa kamu pilih di WordPress, gratis ataupun berbayar. Jika ingin blog kamu terlihat profesional dan keren, maka kamu wajib pilih theme yang berbayar atau premium. Tapi tidak ada paksaan juga sih, kamu juga bisa pakai theme yang gratisan dan nanti bisa diupgrade ketika kamu sudah cukup yakin.

Tapi ingat, jangan coba-coba download theme ilegal atau bajakan. Belilah theme WordPress secara resmi, jangan sekali-kali membeli dari orang yang tidak akan bertanggung jawab. Daripada blog kamu kenapa-kenapa nantinya, atau malah di-hack oleh yang jual theme bajakan.

2. Pilih theme yang responsive untuk mobile dan desktop

Kebanyakan theme WordPress memang sudah responsive untuk keduanya, mobile dan desktop. Tapi tetap saja kamu harus melihat dan membaca terlebih dahulu theme tersebut sebelum membeli dan menggunakannya.

Baca Juga:  Cara Verifikasi Rekening Bank di AdSense Payment

Tapi, percaya tidak percaya, data penelitian menunjukkan kalau 80% orang menggunakan perangkat mobile untuk berselanjar didunia maya. Sangat jelas sih, kita tahu bahwa sekarang hampir semua orang sudah menggunakan smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet.

Maka dari itu, kamu harus lebih memprioritaskan tampilan theme yang bagus untuk mobile. Pastikan kamu menggunakan theme yang responsive dan cocok digunakan untuk perangkat mobile.

3. Pilih theme yang simpel dan tidak ribet

Pengunjung datang tidak untuk menikmati theme dari blog kita, melainkan untuk melihat konten yang kita buat. Jadi, jangan memilih theme yang ribet dengan warna-warni yang berlebihan, apalagi tampilan dan navigasinya malah bikin pusing.

Pilihlah theme yang sederhana saja, simpel dan jelas. Pastikan para pengunjung dapat menikmati konten yang kamu buat tanpa terganggu dengan theme yang kamu gunakan. Jangan lupa juga untuk mengatur tata letak dan navigasi didalam blog. Intinya, kalau blog kamu semrawut, pengunjung tidak akan bertahan lama disana.

4. Gunakan theme yang ringan

Theme ringan merupakan faktor yang cukup penting. Kalau theme-nya berat, otomatis waktu loading nya akan bertambah. Menurut banyak penelitian, para pengunjung website tidak suka menunggu lama, jadi kalau loadingnya lama (lebih dari 5 detik), kebanyakan pengunjung akan menutupnya dan mencari website lain. Jadi pastikan theme yang kamu pilih cukup ringan untuk di load di browser.

Theme yang ringan akan menentukan kecepatan loading page, yang tentunya juga akan berpengaruh terhadap SEO blog kamu.
Baca juga: Plugin SEO

5. Fitur seperlunya

Kamu tidak perlu menampilkan fitur yang terlalu banyak di blog. Jadi pilihlah theme yang fiturnya benar-benar bermanfaat untuk blog kamu. Daripada nantinya memilih theme dengan banyak fitur, tapi fitur-fitur tersebut tidak digunakan dengan maksimal. Alhasil, fitur-fitur theme yang tidak terpakai malah akan membebani blog.

Baca Juga:  5 Tips Membuat Blog Bule Untuk Pemula

Selain fitur bawaan dari theme, ada juga fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan dari plugin. Pilihlah plugin-plugin seperlunya saja, tidak perlu terlalu banyak karena bisa membebani blog kamu.
Baca juga: Plugin wajib untuk blog WordPress

6. Desain yang menarik

Jangan lupa untuk memilih theme yang menarik ya. Desainnya memang harus simple dan ringan, tapi kamu juga perlu memilih theme yang enak dilihat. Untuk tips yang satu ini, silahkan kamu sesuaikan dengan selera yang penting tidak terlalu mencolok apalagi norak.


Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memilih theme WordPress blog kamu. Masih banyak tips-tips lain yang bertebaran di Internet, jadi jangan berhenti disini saja. Baca juga artikel-artikel lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga:
Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula
Monetisasi blog
Cara mendapatkan uang dari blog

Leave a Comment