Tahap 2: Panduan Membuat Blog WordPress


Setelah memahami tahap 1: Persiapan sebelum memulai blog yang berisi tentang pemilihan platform, penentuan nama domain, dan pemilihan hosting yang tepat, maka sekarang adalah saatnya kamu untuk membuat blog. Pada artikel ini saya akan memberikan panduan mulai dari pembelian domain dan hosting hingga instalasi wordpress.

1. Pembelian Domain dan Hosting

Kamu dapat membeli domain dan hosting pada tempat yang sama. Ada banyak sekali pilihan yang dapat kamu bandingkan mulai mulai dari layanan hingga harga paketannya. Setiap penyedia hosting akan memberikan penawaran yang berbeda dan sangat bervariasi, sehingga kamu harus menentukan sendiri penyedia hosting yang akan kamu pilih.

Kalau saran saya sih, pilihlah hosting yang benar-benar profesional. Lakukan riset melalui google dan cari sebanyak-banyaknya review tentang penyedia hosting yang akan kamu pilih. Setelah menentukan penyedia hosting yang tepat, langkah selanjutnya adalah seperti biasa yaitu mendaftar atau register.

Jika kamu belum paham apa yang dimaksud dengan domain, silahkan baca di: Apa itu domain?

Hosting

Pertama, pilihlah paketan hosting yang paling sesuai. Jika kamu masih pemula, saya sarankan untuk memilih paket yang paling murah karena kebutuhan kamu pastinya sudah terpenuhi di paket tersebut. Apalagi blog yang kamu buat hanya tulisan-tulisan dengan beberapa gambar dan mungkin tidak ada video. Jadi, tidak perlu membeli paket hosting yang mahal karena tidak akan terpakai secara maksimal juga.

Berikut ini contoh pilihan paket hosting yang ditawarkan di salah satu penyedia hosting:

Pilihlah salah satu dari paket yang disediakan, kemudian biasanya akan ada pilihan untuk masa sewa hosting. Pilihlah waktu yang sesuai, biasanya yang ditawarkan adalah per 3 bulan, per 1 tahun, per 3 tahun, bahkan ada yang menawarkan hingga 10 tahun.

Baca Juga:  Cara menurunkan Spam Score di Blog

Banyak penyedia hosting yang menawarkan harga yang jauh lebih murah, namun kalian harus tetap hati-hati. Daripada menyesal nantinya, lebih baik dari awal memilih penyedia hosting yang sudah terkenal nama baiknya.

Domain

Setelah memilih paket hosting, maka biasanya akan muncul kolom nama domain yang akan kamu pakai. Silahkan ketik nama domain yang kamu inginkan, dan pilih ekstensi yang sesuai.

Harga yang ditawarkan untuk domain akan berbeda-beda di setiap penyedia hosting. Ada pula hosting yang menggratiskan domain bagi pelanggannya. Enak nya sih kalau mau pesan hosting dan domain yaitu pada saat hari-hari besar seperti hari raya dan tahun baru, karena pada hari-hari tersebut akan ada banyak sekali promo di penyedia hosting.

2. Instalasi wordpress

Bagi pemula yang tidak paham dunia programming, coding, atau sejenisnya apalah itu, maka lebih baik melakukan instalasi wordpress otomatis yang biasanya ditawarkan oleh penyedia hosting. Kebanyakan penyedia hosting akan menawarkan pilihan untuk menginstal wordpress atau aplikasi web lainnya untuk memudahkan konsumennya. Contohnya seperti gambar berikut:

Seperti gambar diatas, pilih gratis install wordpress maka aplikasi wordpress akan otomatis terinstall di website kamu saat pertama kali kamu membukanya. Mudah sekali kan. Kalau tidak ada pilihan instalasi wordpress, mungkin kamu harus menghubungi Customer Service nya agar di-install kan aplikasi wordpress. Jika tidak bisa dibantu juga, mungkin kamu dapat mencari hosting lain, atau kamu dapat mencari panduan instalasi wordpress manual melalui google search.

Setelah selesai mencentang instalasi wordpress gratis, silahkan checkout pesanan kamu dan lakukan pembayaran sesuai dengan panduan yang ada di penyedia hosting tersebut. Pastinya setelah mendaftar dan melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan e-mail dari penyedia hosting yang berisikan kata-kata terima kasih dan sejenisnya, dan tentu saja ada username dan password untuk kamu gunakan pada saat login ke blog kamu nantinya.

Baca Juga:  Tahap 4: Perlengkapan Awal Blog Wordpress Baru

Nah, sepertinya tahap kedua tentang membuat blog wordpress sudah selesai. Sekarang adalah saatnya kamu mencoba login ke website kamu dan masukkan username dan password yang sudah dikirimkan ke e-mail kamu. Jika kamu tidak bisa masuk, mungkin kamu harus membersihkan history dan cache di browser kamu. Tapi kalau belum bisa juga, silahkan hubungi CS penyedia hostingnya langsung, karena mungkin ada beberapa kesalahan.

Kalau sudah bisa login ke website kamu, maka sekarang kamu sudah bisa melakukan pengaturan blog wordpress kamu dan mulai menulis konten.

Baca juga:
← Tahap 1: Persiapan Membuat Blog
Tahap 3: Pengaturan awal blog wordpress →

Leave a Comment