Susahnya Menghasilkan Uang dari Blogging

Sudah menjadi sebuah fakta bahwa kita bisa mendapatkan uang dari blogging. Buktinya, semakin hari semakin banyak blog baru yang bermunculan. Yah, apalagi motivasi mereka kalau bukan ingin mendapatkan penghasilan dari blogging. Mungkin juga kamu adalah salah satunya.

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam urusan blogging, terutama masalah menghasilkan uang dari blogging.

Sebagian besar pemula sangat mengharapkan mendapatkan penghasilan dari blog mereka. Mereka banyak membaca artikel-artikel motivasi dan trik-trik mendapatkan penghasilan dari blog. Sayangnya, kebanyakan blogger pemula tidak tahu tantangan apa yang sebenarnya ada dihadapan mereka.

Menghasilkan uang dari blogging adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan, bahkan bisa dibilang sebagai pekerjaan tersulit di dunia. Mengapa?

Blogging memiliki banyak tahap yang harus dilewati. Tapi, tahapan yang paling penting adalah saat blog kamu harus memiliki cukup traffic agar bisa mendapatkan penghasilan, terutama dari iklan seperti AdSense. Jika kamu tidak memiliki traffic yang ramai, maka blog kamu tidak akan memiliki penghasilan yang memuaskan.

Sebelum menjadi seorang blogger, saya sudah banyak melakukan pekerjaan lain. Mulai dari menjadi buruh tani, pedagang buah, bahkan menjadi guru honorer pun pernah. Tetapi, pekerjaan tersebut tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan menghasilkan uang dari blogging.

Seorang tukang ojek akan langsung mendapatkan bayaran setiap pengantarannya selesai, atau bahkan sebelum mengantar sudah dibayar. Namun, tidak ada yang bisa menjamin kamu akan mendapatkan bayaran dari blogging dalam hitungan hari, minggu, atau bulan sekalipun. Jadi, jika ada yang bilang mendapatkan uang dari blogging itu mudah, pastinya itu hanya bualan semata.

Memang, jika blog kamu sudah mantap dan ramai, kamu akan mendapatkan penghasilan yang rutin. Tapi, bagaimana caranya agar blog selalu ramai?

Baca Juga:  Apa itu AdSense

Membuat blog adalah hal yang sangat mudah. Kamu bisa mendapatkan hosting dan domain hanya dalam beberapa menit hingga menginstall WordPress. Bahkan orang yang tidak paham html dan pengetahuan teknis mengenai blogging bisa punya beberapa blog sekaligus. Lalu, pertanyaannya adalah “Bagaimana mendapatkan traffic?”

Banyak orang yang akan memberikan kamu cerita-cerita palsu tentang mendapatkan traffic. Tidak lain, tujuan mereka juga adalah mendapatkan traffic dari kamu yang membaca cerita mereka.

Ada yang memberi trik-trik untuk mendapatkan traffic dari situs seperti Quora atau Reddit. Coba saja, kemungkinan besar akun kamu akan di-suspend oleh mereka. Atau ada juga yang menyarankan kamu untuk membagikan link di Pinterest, Google+, dan situs-situs lainnya. Tapi, siapa yang akan meng-klik link yang kamu bagikan itu? Sepertinya tidak ada.

Bahkan sharing link di Facebook atau Instagram, mungkin saja beberapa temanmu akan meng-klik link tersebut, tapi saya yakin tidak sampai 5% teman facebook kamu akan meng-klik link tersebut.

Jadi, jangan terlalu percaya dengan bualan-bualan orang di Internet tentang cara mendapatkan traffic untuk blog kamu. Memang mereka ada benarnya, tapi kenyataan yang terjadi tidak selalu seindah yang mereka ceritakan.

Ada Milyaran blog yang terindeks oleh Mesin Pencari seperti Google. Jika ada orang yang menemukan blog kamu, maka itu adalah sebuah keajaiban.

Apalagi yang bisa menghancurkan harapan kamu. Saat sudah punya blog, dan punya konten, tapi sangat sedikit orang yang berkunjung, bahkan kurang dari 10 orang setiap harinya. Saya pernah berada pada posisi itu, rasanya ingin berhenti ngeblog saja karena merasa seperti tidak ada manfaatnya.

Sekarang, anggaplah kamu sudah punya traffic sekitar 100 orang perharinya dan sudah bekerjasama dengan AdSense. Dari pengalaman saya, 100 visitor perhari rata-rata akan menghasilkan 1 atau 2 klik perharinya, bahkan lebih sering tidak ada klik. Jadi penghasilan saya dengan 100 visitor perhari hanya berkisar $2 perbulan. Sungguh penghasilan yang tidak memuaskan.

Baca Juga:  Tahap 3: Pegaturan Awal Blog Wordpress

Jadi, kalau kamu ingin punya penghasilan perbulan, kira-kira kamu harus punya 5000 visitor perhari. Sulitkah? Ya memang sangat sulit, tapi tidak mustahil.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari blog adalah mempromosikan produk orang lain. Pastinya, kamu juga harus memiliki traffic yang tinggi agar bisa mempromosikan produk. Jangan lupa, produk yang kamu promosikan harus sesuai dengan tema blog kamu.

Kamu bisa mendapatkan visitor melalui email subscriber. Sayangnya, orang-orang sudah bosan berlangganan email karena mereka kebanyakan tidak membutuhkan informasi dari konten kita. Jadi email yang dikirim hanya akan dianggap spam, atau bahkan diblokir.

Fakta lainnya, banyak sekali blogger yang membuat konten tipu-tipu seolah-olah mendapatkan uang dari blog adalah hal yang mudah. Mereka akan menceritakan hal-hal yang menarik tentang blogging dan penghasilan yang bisa kamu dapatkan. Parahnya lagi, mereka bisa saja memalsukan screenshots dari penghasilan blogging.

Kesimpulan

Mendapatkan uang dari blogging adalah hal yang tidak mudah. Kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk itu. Mungkin satu bulan, atau lebih, bahkan bisa bertahun-tahun, tergantung sebesar apa usaha yang kamu lakukan.

Kenyataan tentang dunia blogging harus benar-benar kamu perhatikan. Jangan hanya percaya dengan cerita motivasi dari para blogger, tapi hadapi kenyataannya dan rasakan sendiri pahitnya menjadi seorang blogger.

Motivasi untuk para blogger

Artikel ini saya buat sesuai dengan pengalaman saya selama menjadi blogger. Saya banyak membaca artikel-artikel lain mengenai cara mendapatkan traffic dan mendapatkan penghasilan dari blog. Saya tidak menyalahkan mereka, tapi saya hanya menuliskan realita dari dunia blogging.

Saat ini, saya sudah mendapatkan penghasilan dari blogging. Memang sulit, tapi tidak mustahil. Jika kamu adalah blogger pemula, maka jangan bermimpi untuk mendapatkan penghasilan dengan mudah. Setidaknya, satu tahun pertama adalah kerja bakti membangun blog, dan di tahun kedua atau ketiga kamu akan mendapatkan hasilnya.

Baca Juga:  Tahap 4: Perlengkapan Awal Blog Wordpress Baru

Memang ada blog yang menghasilkan uang dalam waktu singkat, pastinya mereka punya kemampuan yang luar biasa dan waktu yang cukup banyak. Jika kamu bisa, maka lakukanlah.

Sudah ada banyak blogger yang sukses mendapatkan penghasilan mulai dari Jutaan hingga Milyaran Rupiah. Jadi tidak ada kata tidak mungkin untuk mendapatkan uang dari blogging.

Ketika kamu menjadi seorang blogger, maka kamu harus konsisten. Buatlah konten-konten yang berkualitas walaupun tidak orisinil. Kalau bisa, terbitkanlah konten kamu secara teratur atau terjadwal agar terlihat profesional.

Poin penting selanjutnya yaitu jangan berfokus pada penghasilan, tapi fokuslah pada kualitas blog kamu. Kembangkan blog kamu hingga mendapatkan traffic yang cukup baik. Hasil tidak akan mengkhianati usaha, jadi lakukanlah yang terbaik.


Sekian dulu artikel kali ini. Jika ada yang ingin didiskusikan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya di alaguru.com:

-> WordPress vs. Blogger – Mana yang lebih baik?
->
Daftar AdSense kurang dari satu bulan
->
Langkah awal sebelum memulai Blogging
-> 8 cara menghasilkan uang dari blog

Leave a Comment