Kesalahan yang sering dilakukan Blogger Pemula

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola blog. Beberapa orang melakukan cara yang baik tapi banyak juga melakukan cara yang kurang baik. Sebenarnya tidak ada cara yang benar ataupun salah dalam mengelola blog. Yang penting adalah blog tersebut memiliki konten untuk dibaca orang lain.

Pada awalnya, blog hanyalah sarana untuk menuangkan ide-ide, perasaan, atau apapun yang berasal dari pribadi seseorang agar bisa dibaca oleh banyak orang. Nah, seiring berkembangnya zaman, saat ini blog bisa memberikan pengelolanya banyak keuntungan. Hal ini lah yang selanjutnya menjadi tujuan utama dari para blogger, yaitu untuk mendapatkan keuntungan.

Saat ini, sebagian besar blogger bercita-cita untuk menjadi blogger sukses yang bisa mendapatkan penghasilan dari blogging. Saya adalah salah satunya, saya yakin kamu juga, hehe.
Sayangnya, banyak sekali blogger pemula yang tidak mampu bertahan dan akhirnya mengundurkan diri dari dunia blogging. Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang mundur sebagai blogger. Nah, pada artikel kali ini, kita akan melihat kesalahan-kesalahan apa saja yang sering dilakukan blogger pemula sehingga blog tersebut tidak mampu bersaing.

Jika kamu belum memiliki blog, mungkin kamu akan tertarik untuk membaca dari awal:
-> Tahap 1: Langkah awal sebelum memulai Blogging
-> Cara mendapatkan uang dari blog
-> Tips blogging untuk blogger pemula


Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Berikut ini beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh para blogger pemula:

1) Tidak Mengenal Pembaca

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger adalah tidak memiliki target audiens yang jelas. Jadi mereka hanya membuat konten sebanyak-banyaknya tanpa memerdulikan apakah orang-orang mau membacanya. Buktinya, ada banyak blogger yang memiliki banyak sekali artikel tapi pengunjungnya sangat minim.

Sebelum membuat konten, kamu harus mempertimbangkan siapa yang akan membacanya. Kamu bisa membuat list siapa-siapa saja target audiens yang akan membaca tulisan tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga harus mencari tahu konten-konten seperti apa yang disukai oleh target audiens. Dengan begitu, kemungkinan konten kamu dikunjungi oleh para pembaca akan menjadi lebih baik.

2) Inkonsistensi

Konsisten adalah kunci utama kesuksesan. Jika kamu ingin sukses menjadi blogger, maka kamu harus konsisten dengan konten-konten yang kamu buat.

Kebanyakan blogger baru akan mengelola blognya dengan penuh semangat, mereka bisa membuat banyak konten dalam waktu satu hari. Tapi, seiring berjalannya wakti, mereka mulai menjadi inkonsisten dan menulis artikel hanya sekadarnya saja. Pastinya itu akan berdampak tidak baik untuk kelangsungan blog.

Baca Juga:  Susahnya Menghasilkan Uang dari Blogging

Konsisten dalam blogging bisa dibagi menjadi dua. Pertama: seorang blogger harus mampu membuat artikel-artikel yang berkualitas, dan kedua: seorang blogger harus mampu membuat artikel-artikel dan menerbitkannya secara berkala. Jika kamu ingin sukses, maka kamu harus melakukan keduanya.

Jika kita melihat jumlah blogger yang terus lahir setiap harinya, maka menjadi inkonsisten dalam blogging akan membuat kita tertinggal. Semua blogger akan membuat konten-konten terbaik mereka, jadi kalau kita tidak memberikan yang terbaik, kita pasti akan kalah.

Aturlah waktu kamu sebaik-baiknya, bikin jadwal yang realistis untuk mengelola blog dengan maksimal. Kamu tidak harus publish artikel setiap hari, tapi yang paling penting adalah blog kamu harus update dan publish artikel secara teratur. Contohnya blog alaguru.com ini yang hanya publish satu atau dua kali per minggu, tanpa ada minggu libur.

3) Search Engine Optimisation (SEO)

Apa itu SEO? – Setiap blogger harus mengetahui apa itu SEO. Setidaknya, mereka harus tahu apa fungsinya.

Ada dua tipe blogger, yang pertama memahami SEO dan menerapkannya dengan baik, dan yang kedua yang tidak memperdulikan SEO tapi hanya berfokus pada konten. Kedua tipe blogger tersebut sama-sama mempunyai peluang untuk sukses, tapi yang menerapkan SEO dengan maksimal akan memiliki potensi lebih baik untuk sukses.

Perlu diingat, konten yang kita buat tidaklah hanya sekedar konten. Tapi kita menginginkan konten tersebut untuk dikunjungi dan dibaca oleh banyak orang. Dengan begitu, kita akan mendapatkan keuntungan dari konten tersebut. Nah, memahami SEO akan membantu kita untuk mengerti trik-trik mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari sehingga akan lebih banyak dikunjungi.

Blogger pemula biasanya tidak terlalu memperdulikan SEO dan hanya mengandalkan peruntungan saja. Padahal ada banyak tips dan trik tentang SEO yang bertebaran di internet. Jika menggunakan platform WordPress, maka kita bisa menggunakan plugin-plugin SEO yang sangat membantu.

4) Salah memilih dan mengelola niche

Jangan pilih niche sembarangan, apalagi membuat blog yang gado-gado. Pilihlah satu atau dua tema saja untuk blog kamu. Semakin spesifik niche yang kamu pilih, maka semakin besar peluang blog kamu untuk menjadi berkesan dan pada akhirnya dikunjungi berulang-ulang.

Jika blog kamu masih baru, jangan sekali-kali memilih niche yang gado-gado, kecuali kamu punya banyak waktu dan kesabaran hingga blog kamu ramai dikunjungi. Pilihlah tema yang tepat dan kamu sukai, misalnya tentang dunia bisnis, jadi tulisan-tulisan yang kamu buat disana adalah semua yang berkaitan dengan bisnis.

Baca Juga:  Wordpress vs. Blogger - Mana yang lebih baik?

5) Terlalu Banyak Topik

Kesalahan ini juga banyak dilakukan oleh blogger pemula. Sebenarnya memiliki banyak topik dalam satu blog bukanlah kesalahan yang fatal, buktinya banyak blogger sukses dengan konten yang gado-gado. Tapi, untuk blogger pemula, membuat blog yang gado-gado sangatlah tidak disarankan.

Banyak blogger ingin mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung, sehingga mereka membuat artikel sebanyak-banyaknya dengan puluhan tema yang berbeda-beda. Namun, kenyataannya adalah kemungkinan besar pengunjung tidak akan menyukai blog seperti itu sehingga mereka akan mampir sebentar lalu tidak pernah datang lagi.

Lebih baik memilih satu niche saja, kemudian membuat artikel dengan topik-topik yang sesuai dengan niche tersebut. Dengan begitu, para pengunjung akan mengakui kualitas blogger karena tulisan-tulisannya yang saling terkait dan saling berhubungan satu sama lain.

6) Terlalu terpaku pada hasil

Banyak orang menjadi blogger dengan harapan menjadi sukses dalam waktu singkat. Padahal, mendapatkan kesuksesan melalui blogging adalah hal yang sangat susah. Banyak blogger pada akhirnya akan membandingkan harapan mereka dengan hasil yang mereka dapatkan. Alhasil, ketika mereka mengira dalam 3 bulan akan mendapatkan keuntungan, ternyata yang didapatkan sangat tidak setimpal dan akhirnya memutuskan untuk berhenti.
Baca juga: Susahnya mendapatkan uang dari blogging

Perlu dipahami bahwa mendapatkan keuntungan dari blogging bukanlah hal yang mudah. Memang ada banyak artikel yang memberikan cerita-cerita tentang kesuksesan karena blogging. Tapi, banyak dari tulisan tersebut yang palsu dan menipu. Faktanya, kamu harus berdarah-darah agar bisa sukses dari menjadi seorang blogger.

Hal yang harus dipertimbangkan adalah proses. Ingatlah, cara kamu mengelola blog akan berbanding lurus dengan hasil yang kamu dapatkan. Jadi, fokuslah pada proses bukan pada hasil.

7) Tampilan Blog

Tampilan blog juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari theme, letak menu, susunan post, tampilan widget, dan sebagainya harus benar-benar diperhatikan. Desain lah blog kamu dengan sebaik-baiknya, tapi ingat jangan terlalu berlebihan sehingga tidak sedap dipandang mata.

Jangan lupa untuk membuat navigasi yang baik di blog kamu, sehingga para pengunjung dapat berselancar dengan nyaman.

Dengan pengaturan blog yang baik, akan sangat membantu SEO dari blog kamu sehingga blog lebih mudah dicari dan dibaca oleh pengunjung. Kamu juga bisa menambahkan beberapa gambar untuk menambah daya tarik blog kamu.

Baca Juga:  Tahap 2: Panduan Membuat Blog Wordpress

8) Fokus pada kuantitas bukan pada kualitas

Banyak yang mengira bahwa dengan postingan yang banyak, maka akan banyak pula orang yang datang berkunjung. Memang ada benarnya, tapi kalau postingan tersebut banyak yang tidak berkualitas, apakah masih akan ada banyak orang yang membaca?

Kualitas lebih penting dari pada kuantitas dalam dunia blogging. Tapi memang sangat bagus jika kita bisa membuat artikel berkualitas dalam jumlah yang banyak. Bagi blogger pemula, membuat artikel yang berkualitas mungkin terasa sangat sulit, tapi semuanya memang butuh proses.

Buatlah artikel-artikel yang berkualitas, kemudian publish secara berkala. Lambat laun, kamu juga akan mendapatkan kuantitas. Jika kamu ingin cepat, mungkin kamu bisa mengejakan blog bersama orang lain, atau menyewa beberapa orang untuk membuatkan artikel-artikel yang berkualitas.

9) Judul yang tidak mengundang

Judul yang buruk bisa menyebabkan traffic yang buruk pula. Jika judul yang dibuat tidak menarik, pastinya kemungkinan untuk diklik akan semaakin kecil. Nah, hal inilah yang seringkali dilakukan oleh blogger baru, mereka terlalu berusaha untuk membuat judul yang keren, sayangnya kebanyakan dari mereka tidak berhasil.

Membuat judul yang menarik memang cukup sulit, terutama bagi pemula. Terkadang menurut kita sebuah judul sudah sangat menarik, tapi tidak bagi para pembaca. Kamu harus banyak belajar bagaimana membuat judul yang menarik. Lihatlah artikel-artikel pada halaman 1 google, kemudian pelajari cara penulisnya membuat judul artikel tersebut.
Baca juga: Cara mendapatkan halaman 1 di Google Search

Buatlah judul yang tidak terlalu panjang, tapi harus deskriptif. Jika memungkinkan, tambahkanlah kata-kata yang memicu orang untuk meng-klik artikel tersebut.

9) Editan yang Kurang Baik

Blog yang tidak diedit atau dibuat asal-asalan pastinya akan tidak enak dilihat dan dibaca. Banyak sekali blog, baik baru ataupun lama, yang tidak memperhatikan tampilan kontennya.

Setidaknya, bacalah kembali konten sebelum diterbitkan, lihat kembali struktur bahasanya, kalimat-kalimatnya, dan sebagainya. Berikanlah tampilan yang baik untuk konten kamu sehingga para pembaca betah berlama-lama di blog kamu.


Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, begitu juga dengan blogger. Blog alaguru.com ini pun juga terkadang melakukan kesalahan-kesalahan dalam membuat konten. Tapi, yang paling penting adalah kita mau menerima kesalahan tersebut dan memperbaikinya dikemudian hari.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel lainnya.

Baca juga:
Membuat konten di blog WordPress
Mempromosikan blog baru
Daftar AdSense kurang dari satu bulan

Leave a Comment