18 Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil tapi Menguntungkan

Usaha modal kecil untung besar

Apakah kamu seorang karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan? atau mungkin ibu rumah tangga yang ingin memiliki kesibukan dan mendapatkan penghasilan?
Usaha sampingan adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan. Yah, seperti namanya, usaha sampingan merupakan usaha yang bisa kamu lakukan diwaktu luang. Jadi kamu tidak perlu takut kalau pekerjaan utama kamu akan terganggu

Hambatan yang sering dijadikan alasan biasanya adalah modal. Kebanyakan orang selalu beranggapan bahwa memulai usaha harus memiliki modal yang cukup besar untuk dapat bertahan, sehingga mereka pada akhirnya tidak berani memulai usaha. Tapi, jika kamu serius ingin memulai usaha, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman.

Pinjaman merupakan salah satu modal yang cukup mudah didapat, walaupun pinjaman yang didapat akan menyesuaikan keadaan kita. Jika dikelola dengan baik, modal tersebut akan membuahkan hasil dan membantu kamu membayar cicilannya. Agar bisa sukses memulai bisnis kamu, mungkin kamu akan tertarik untuk membaca: 3 kunci sukses memulai bisnis bagi pemula

Sebenarnya, ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa kamu lakukan tanpa modal yang begitu besar. Dengan modal yang kecil, kamu bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan, bahkan bisa mengembangkan usaha sampingan tersebut menjadi usaha yang lebih besar. Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan dengan modal kecil lengkap dengan penjelasannya.

1. Jual Pulsa Elektrik & Kuota Internet

Modal: Rp. + 1 juta

Semua orang sudah menggunakan telepon genggam atau handphone. Atau setidaknya hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pastinya, setiap handphone tersebut memerlukan pulsa untuk tetap aktif dan dapat digunakan untuk berkomunikasi. Jadi, menjual pulsa adalah salah satu peluang yang bagus.

Tidak hanya pulsa, dengan berkembangnya teknologi telepon, sekarang sebagian besar handphone sudah bisa menggunakan internet. Gawai tersebut lebih kita kenal dengan sebutan smartphone atau telepon pintar. Internet merupakan salah satu komponen penting dari smartphone, sehingga menjual kuota Internet juga menjadi peluang usaha yang cukup bagus.

Dengan modal setidaknya Rp. 1 Juta, kamu sudah bisa memulai usaha ini dengan omzet penjualan yang pasti. Tapi kamu perlu berhati-hati juga, karena saat ini sudah berkembang aplikasi-aplikasi keuangan dan toko online yang sudah menjual pulsa dan paket internet. Sebut saja: Tokopedia, Lazada, Shopee, Dana, Ovo, Gopay, dan sejenisnya. Jika lingkungan kamu sudah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, kamu harus mengatur ulang strategi penjualan kamu.

Sampai saat ini, omzet dari usaha pulsa elektrik dan kuota internet diperkirakan sudah mencapai Rp. 25 triliun per tahun. Jadi, sudah pasti peluang untuk mendapatkan untung dari usaha ini masih cukup besar. Kamu bisa menjual pulsa dan kuota internet pada teman kantor, teman kos, kerabat, tetangga, atau teman-teman lainnya.

2. Jual makanan pagi untuk sarapan

Modal: Rp. 1.000.000 s.d. 3.000.000

Jangan sia-siakan kemampuan memasakmu, buatlah jadi peluang usaha. Jika kamu tinggal dilingkungan yang cukup sibuk, maka menjual sarapan menjadi peluang yang cukup bagus. Misalnya kamu tinggal di perumahan yang banyak karyawan, atau ditempat yang cukup strategis dan sering dilalui banyak orang.

Sudah jadi hal yang umum bahwa karyawan akan sangat sibuk di pagi hari sebelum berangkat kerja. Bahkan bagi beberapa orang, menyiapkan sarapan adalah hal yang tidak mungkin saking sibuknya. Nah, jika kamu punya waktu yang cukup fleksibel di pagi hari sebelum berangkat ke kantor, kamu bisa memasak sarapan terlebih dahulu dan menjualnya sebelum berangkat ke kantor.

Tapi tidak hanya menjual sarapan dirumah saja lho. Kamu juga bisa membawa sarapan tersebut ke tempat kerja dan menjualnya disana. Jika makananmu enak, maka rekan kerjamu bisa menjadi pelanggan tetap setiap kamu ke kantor. Lumayan kan untuk jadi penghasilan tambahan.

Kamu tidak harus memasak makanan yang rumit. Cukup masak sesuatu yang sederhada atau biasa, tapi dapat dijual misalnya bubur, gorengan, kue, nasi goreng, nasi uduk, atau bahkan mie instan. Modal usahanya pun menyesuaikan bahan yang digunakan seperti: telur, tahu, tempe, minyak, dan sayuran. Modal lainnya seperti kompor dan gas hingga peralatan masak. Jadi perkiraan modalnya mulai dari 1 juta hingga 3 juta.

3. Jasa laundry

Modal: + Rp. 5 juta

Semua orang menginginkan hal yang serba praktis. Bahkan, mencuci pakaian pun ingin dilakukan dengan semudah mungkin. Percaya atau tidak, meskipun sudah punya mesin cuci, orang-orang masih menggunakan jasa laundry karena tidak mau ribet. Tentunya hal ini menjadi peluang usaha yang cukup bagus.

Cukup menyiapkan modal sekitar Rp. 5 juta, kamu sudah bisa memulai usaha ini. Modal tersebut meliputi mesin cuci, mesin pengering, alat timbang, setrika, dan bahan habis pakai seperti deterjen, pewangi, dan plastik. Modal tersebut belum termasuk biaya listrik bulanan dan biaya sewa tempat jika ada.

Usaha yang satu ini memang tidak selalu ramai, tapi kamu pasti akan mendapatkan pelanggan tetap jika pelayanan kamu cukup memuaskan. Ditambah lagi, pada hari-hari tertentu, kamu biasanya akan memiliki banyak sekali baju, tirai, atau bahkan karpet yang harus dicuci. Biasanya, mendekati hari-hari besar, kamu akan kebanjiran job hingga mungkin menolak sebagian.

Kelebihan usaha laundry yaitu jika kamu tidak mendapatkan orderan, maka kamu tidak akan rugi karena tidak ada modal yang harus dikeluarkan, kecuali kamu menyewa tempat untuk usaha kamu. Kemungkinan penghasilan dari usaha laundry yaitu berkisar 10-30% dari harga yang kamu tawarkan. Jadi jika kamu menjual jasa laundry Rp. 5.000 per kilo, maka keuntungan kamu adalah Rp. 500 – Rp. 1.500. Kamu juga bisa membedakan tarif jasa untuk karpet dan selimut, karena mencuci kedua benda tersebut sedikit lebih sulit.

4. Jasa cuci mobil dan cuci motor

Modal: + 2 Juta

Motor dan mobil sudah banyak sekali sekarang ini. Bagaimana dengan lingkunganmu? Apakah banyak kendaraan bermotor yang lalu-lalang? Jika iya, mungkin usaha cucian motor dan mobil menjadi peluang yang bagus.

Banyak orang yang sanggup menunggu berjam-jam untuk di cucian motor atau mobil. Bahkan tidak sedikit orang yang meninggalkan kendaraannya dan mengambilnya nanti jika sudah selesai dicuci. Yah, bisa dimaklumi kesibukan orang-orang saat ini sehingga mereka tidak sempat mencuci sendiri kendaraan mereka. Atau mungkin mereka merasa kalau cuci sendiri itu kurang bersih. Nah, hal ini adalah potensi usaha yang sangat baik, bukan?

Baca Juga:  Aplikasi Bibit Scam, Penipu, Hoax? - Sekilas Fakta

Modal yang harus kamu siapkan untuk usaha ini tidak terlalu besar, yaitu berkisar Rp. 2 jutaan. Hal terpenting yang harus kamu miliki adalah ketersediaan air, baru kemudian menyediakan alat-alat seperti pompa air, kompresor, sikat, dan kain lap. Jangan lupa mempersiapkan sabun dan juga semir agar kendaraan tersebut mengkilap setelah dicuci. Kamu bisa memulai usaha ini dimana saja, bisa di perumahan, ataupun di pinggir jalan raya. Yang penting, tempat usaha kami sering dilalui oleh banyak kendaraan bermotor.

Jika dikelola dengan baik, bisnis cucian mobil dan motor bisa memiliki masa depan yang baik. Kamu bisa menambahkan sistem hidrolik pada jasa cucian kamu, hingga membuka cabang dilokasi lain yang strategis.

5. Membuka jasa les privat

Modal: Kurang dari Rp. 500.000

Jika kamu punya sebuah keahlian yang bisa dibagikan, mungkin kamu akan tertarik membuatnya menjadi sumber penghasilan. Ada banyak keahlian dan kemampuan yang bisa kamu jual dalam bentuk les privat, misalnya kemampuan bahasa, kemampuan alat musik, pengetahuan tentang suatu mata pelajaran di sekolah, dll. Kamu bisa membuat rumahmu menjadi tempat les, atau bisa menyewa tempat. Tapi banyak juga guru les privat yang datang langsung ke rumah murid dan mengajar disana.

Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang usaha tanpa modal Rupiah, karena kamu menjual kemampuan dan bukan barang. Modal yang akan kamu keluarkan hanyalah tenaga dan sedikit promosi. Biaya tambahan yang kamu keluarkan mungkin adalah biaya sewa tempat les atau ongkos jika mengajar di rumah murid.

6. Jasa penerjemah

Modal: Bisa berbahasa asing

Jika kamu punya kemampuan berbahasa asing, mungkin kamu akan berminat membuka jasa penerjemah. Bahasa apapun yang kamu kuasai, kamu bisa membuka jasa penerjemah. Yang jelas, kamu harus benar-benar menguasai bahasa tersebut agar tidak melakukan kesalahan dalam menerjemahkannya. 

Tarif yang bisa kamu tawarkan pun cukup bervariasi. Kamu bisa memberikan tarif sesuai kesulitan teks, per-jumlah kata, atau per-target waktu penyelesaian. Jangan lupa untuk mempromosikan jasa yang kamu tawarkan. Saat ini, sudah ada situs yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan jasa terjemahan seperti freelancer.co.id, sribulancer.com, dan fiverr.com. Jangan lupa, selain menguasai bahasa asing, kamu juga akan membutuhkan internet dan komputer.

Jika kamu tertarik dengan bisnis jasa penerjemah, mungkin kamu akan tertarik membaca artikel berikut: Ide dan analisis usaha jasa penerjemah  

7. Jual beli motor bekas / seken

Modal: Rp. 2 juta s.d. Rp. 10 juta

Setiap tahun, perusahaan produksi kendaraan bermotor sanggup memproduksi dan menjual puluhan, ratusan, hingga jutaan motor per-tahunnya. Nah, hal ini berarti masyarakat kita sangat bergantung pada kendaraan. Pastinya, setiap tahun motor-motor seken akan bertebaran karena adanya motor dengan model terbaru.

Banyak orang yang ingin membeli motor baru untuk dikendarai. Namun, tidak sedikit orang yang hanya mampu membeli motor seken. Atau bahkan memang orang-orang tersebut membeli motor seken untuk keperluan-keperluan tertentu. Jadi, permintaan akan motor bekas/seken masih sangat tinggi. Hal ini menjadi peluang usaha yang bagus, bukan?

Usaha ini dapat kamu mulai dengan modal yang kecil, mulai dari Rp. 2 jutaan, tergantung motor seken jenis dan merk apa yang kamu beli. Bahkan kamu bisa menggunakan jasa titip jual untuk menjual motor-motor milik orang lain, tentunya kamu dapat memainkan selisih harga disana.

Selain penjualan secara konvensional, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk menjual motor tersebut. Jangan lupa, sekarang sudah banyak situs yang berperan sebagai pihak ketiga untuk kamu menjual barang-barang bekas, seperti OLX.co.id dan bukalapak.com.

Tetapi ada satu kelemahan dari usaha ini, yaitu banyak sekali motor seken yang tidak lengkap surat-suratnya, dan juga onderdil yang kemungkinan sudah digonta-ganti dengan yang palsu. Parahnya lagi, kamu mungkin tidak tahu jika motor tersebut adalah hasil curian. Jadi kamu harus sangat berhati-hati menjalankan usaha ini.

8. Jasa desain grafis

Modal: Keterampilan grafis dan visual

Kemampuan yang satu ini sangat-sangat dibutuhkan dizaman sekarang, karena tidak semua orang memilikinya. Jika kamu mempunyai kemampuan ini, maka kamu adalah orang yang beruntung. Tapi beruntung saja belum cukup, kamu masih harus tetap berusaha, kan?

Jasa desain grafis merupakan pekerjaan freelancer yang sangat menjanjikan. Pelanggan kamu bukan hanya orang-orang dalam negeri, tetapi juga orang luar negeri. Karena desain termasuk kedalam seni, maka jangan heran jika banyak orang yang mendapatkan bayaran hingga puluhan juta hanya untuk desain logo dengan tiga garis dan satu warna saja. 

Modal yang kamu butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet. Kemudian, buatlah profil kamu di situs-situs desain yang tersebar di dunia maya seperti: sribu.com, projects.co.id, sribulancer.com, fiverr.com, 99designs.com, Upwork.com, dan lain-lainnya.

Setelah itu, kamu tinggal mempersiapkan diri untuk mendapatkan order. Biasanya desain yang diminta berupa desain kartu nama, gambar di baju, maskot, logo, poster, interior, booth, dan masih banyak lagi. Setiap desain yang kamu buat akan dibayar sesuai dengan persetujuan awal.

9. Menjual foto di internet

Modal: Kamera SmartPhone

Tahukah kamu? Sekarang semua foto yang kamu ambil bisa dijual di berbagai situs di Internet. Tentunya, ada beberapa syarat dan jenis foto yang kamu bisa jual, misalnya yang bertema pemandangan, pekerjaan, lalulintas, dan sebagainya.

Lalu, Bagaimana cara menjualnya? Coba buka website Istockphoto.com dan ShutterStock.com, disana kamu bisa membuat akun dan mengupload foto yang akan kamu jual. Tapi bukan situs tersebut yang akan membeli foto kamu. Ada banyak orang yang mencari foto-foto dengan tema tertentu untuk kebutuhan mereka seperti bekerja atau background design. Mereka akan membeli foto yang kamu upload disitus tersebut, kemudian kamu akan mendapatkan komisi. Simpel bukan?

Yang perlu kamu siapkan hanyalah kamera, bahkan kamera smartphone sekalipun bisa kamu gunakan. Kemudian, sedikit kemampuan fotografi akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan gambar-gambar yang bagus. Kamu juga bisa melakukan sedikit editing pada gambar tersebut jika diperlukan. Semakin bagus dan sesuai gambarmu dengan kebutuhan pasar, maka akan semakin tinggi gambar tersebut akan dibeli orang.

Baca Juga:  5 Kesalahan saat memulai bisnis

10. Menjadi social media influencer

Modal: Follower atau Subscriber

Pekerjaan yang satu ini sudah semakin populer. Bayangkan saja, hanya dengan mengupload foto dan video, kamu bisa mendapatkan uang. Mungkin istilah influencer ini sudah tidak asing lagi bagi kamu, terutama bagi kamu pengguna media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok. 

Bagaimana mereka mendapatkan uang? 
Jika kamu sudah mempunyai banyak follower atau subscriber pada media sosial kamu, maka kamu bisa menawarkan diri untuk mengiklankan produk milik orang lain. Namun, jika follower kamu sudah banyak, biasanya para pengiklan akan datang dengan sendirinya untuk meminta kamu mengiklankan produk mereka.

Jika kamu menggunakan platform YouTube, kamu bisa mendapatkan iklan dengan bekerjasama dengan AdSense. Iklan AdSense akan secara otomatis muncul di video kamu dan kamu akan dibayar untuk setiap iklan yang muncul, serta mendapat bayaran tambahan untuk setiap iklan yang di-klik oleh pengunjung.

Hal yang terpenting dari usaha ini adalah follower atau subscriber. Jadi, kamu harus membuat konten-konten yang disukai banyak orang. Misalnya konten travelling, makanan, konten lucu, gaming, dan sebagainya. Ditambah lagi, kamu harus cukup aktif di media sosial kamu dan terus menyajikan konten untuk para pengikut kamu.
Baca juga: Alasan Bisnis Online sangat menjanjikan

11. Menjadi Blogger

Modal: Tulisan dan waktu

Menulis di blog adalah suatu hobi. Jika kamu punya banyak waktu luang dan hobi menulis, maka menjadi blogger adalah sebuah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena selain sebagai hobi, blog juga bisa menambah penghasilan kita. Jika kamu belum mempunyai blog, tapi ingin mencobanya, silahkan baca selengkapnya pada artikel: persiapan membuat blog

Membuat blog bisa dikatakan tidak memerlukan modal sama sekali. Cukup dengan gadget seperti smartphone atau komputer/laptop, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Yang perlu kamu lakukan hanyalah menulis konten artikel pada blog kamu, kemudian memasang iklan seperti AdSense. Setelah itu, kamu akan mendapatkan bayaran setiap kali konten kamu dibaca orang.

Untuk memulai blog, kamu dapat menggunakan platform gratis seperti blogger, atau kamu dapat menggunakan platform yang lebih profesional seperti WordPress. Pilihlah sesuai dengan keperluan kamu, karena baik yang gratis ataupun berbayar memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Agar lebih jelas lagi, baca selengkapnya di: perbedaan blogger dan WordPress

Menjadi seorang blogger berarti kamu harus menyediakan banyak konten di blog kamu. Buatlah tulisan-tulisan yang menarik agar konten kamu dikunjungi banyak orang. Jangan lupa untuk mempromosikan blog kamu misalnya di grup Facebook atau grup Whatsapp. Seiring berjalannya waktu, blog kamu akan semakin sering dikunjungi dan terindeks di mesin pencari dan mungkin saja dilirik oleh perusahaan yang ingin memasang iklan. Nah, dari situ kamu bisa mendapatkan penghasilan.

Semakin besar blog kamu, maka akan semakin besar peluang kamu mendapatkan tawaran iklan. Tapi, mungkin kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk membuat blog menjadi besar hingga bisa menghasilkan uang. Sebagai motivasi untuk membangun blog kamu, mungkin kamu akan tertarik membaca: susahnya mendapatkan uang dari blog.

12. Menjadi makelar properti

Modal: Kemampuan berkomunikasi dan pengetahuan tentang properti

Properti sama halnya seperti emas karena tidak mengalami penurunan harga. Properti yang dimaksud yaitu tanah, rumah, apartemen, kos-kosan, ruko dan sejenisnya. Semua hal tersebut akan selalu memiliki nilai jual dan kemungkinan besar akan meningkat seiring berjalannya waktu.Jadi, pasar properti akan selalu hangat dan basah, kecuali disaat krisis keuangan.

Kamu bisa mengambil peluang dari hal ini. Jika kamu punya kemampuan komunikasi yang baik dan juga pengetahuan mengenai dunia properti, maka kamu sudah punya cukup modal. Kamu tidak perlu membeli properti untuk dijual lagi, tapi bisa dengan membantu menjual properti milik orang lain dan mendapat komisi setelah laku. Jika nama kamu sudah cukup terkenal dan meyakinkan, maka kamu bisa menjadi agen penjual properti dan menampung banyak properti milik orang lain yang akan dijual. Bahkan, kamu bisa menjadi agen penjual properti milik perusahaan.

Jumlah keuntungan yang kamu dapatkan bisa bervariasi, tergantung properti jenis apa yang kamu jual dan bagaimana perjanjian kerjasama antara kamu dengan si pemilik properti. Biasanya komisi yang bisa kamu dapatkan adalah 1% hingga 5% dari total penjualan. Jadi, jika kamu menjual apartemen seharga Rp. 1 Milyar, kamu akan mendapatkan setidaknya Rp. 10 Juta. Lumayan kan?

13. Dropshipper

Modal: Kemampuan komunikasi dan marketing

Menjadi Dropshipper adalah sebuah peluang usaha bagi kamu yang mau berjualan tapi tidak punya modal. Bagaimana bisa?

Dropshipper adalah orang yang menjual suatu produk tanpa memiliki produk tersebut. Lebih tepatnya, dropshipper menjualkan produk milik orang lain. Sebuah toko yang punya banyak barang terkadang kesulitan memasarkan barang-barangnya, sehingga mereka akan bekerja sama dengan para dropshipper untuk membantu menjualkan barangnya. 

Ketika orang memesan sebuah barang ke toko kamu, maka kamu akan menghubungi toko utama yang memiliki barang dan kemudian toko utama tersebut akan mengirimkan barang tersebut atas nama toko kamu. Nah, yang kamu butuhkan hanyalah branding, kemampuan komunikasi, hingga skill marketing sehingga toko kamu dikenal banyak orang.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah dari selisih harga barang yang kamu jual. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari persen sebagai hasil kerjasama sebagai dropshipper.

14. Jasa Fotokopi dan Printer

Modal: Rp. 3 Juta s.d. >Rp. 10 Juta

Usaha ini bisa kamu lakukan pada kawasan perkantoran, sekolahan, atau kampus. Pastinya usaha ini akan laku karena semua orang akan memerlukan jasa fotokopi dan printer pada kawasan tersebut. Selain itu, kamu bisa menambahkan jasa seperti penjilidan buku, pengetikan naskah, dan menjual berbagai macam alat-alat kantor. Selain menjadi usaha sampingan, kamu juga bisa mengembangkan usaha usaha ini menjadi usaha yang cukup besar dan mendapatkan penghasilan yang besar pula.

Untuk memulai usaha ini, kamu akan membutuhkan mesin fotokopi dan printer. Harga mesin fotokopi mungkin cukup mahal, yaitu mulai dari Rp. 5 jutaan hingga puluhan juta. Tapi kamu bisa mengakalinya dengan membeli printer yang mempunyai scanner dan biasanya dijual dengan harga Rp. 3 jutaan. Nanti setelah usaha kamu berkembang, barulah mempertimbangkan untuk membeli mesin fotokopi.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Online yang Mudah dan Menguntungkan

Selain mesin fotokopi dan printer, modal yang kamu harus siapkan selanjutnya adalah kertas dan tinta. Perlu diingat, lokasi usaha sangat menentukan keberhasilan usaha ini. Jadi, usahakan untuk mendapatkan tempat yang terbaik, atau kamu dapat menyewa tempat yang strategis sehingga usaha kamu berjalan lancar.

15. Buka toko di Marketplace

Modal: Tergantung produk

Menjual produk di marketplace akan memberikan kamu peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan. Jika hanya mempromosikan produk kamu disosial media, tentunya pelanggan kamu hanya sebatas teman, follower atau subscriber saja. Tetapi, jika menjual di marketplace, pastinya lebih banyak orang yang akan melihat produk yang kamu jual.

Sudah terbukti bahwa platform marketplace beberapa tahun terakhir ini telah menguasai perdagangan di Indonesia. Banyak orang lebih memilih untuk berbelanja online daripada harus mengunjungi toko untuk mencari barang. Nah, fenomena ini adalah peluang yang bagus untuk lamu yang hobi berjualan. Hal yang kamu perlukan hanyalah beberapa gambar produk yang menarik, kemudian upload ke toko online kamu. Jangan lupa, kamu harus memiliki barang yang akan kamu jual. Kamu bisa mendapatkan barang dari supplier manapun yang sesuai, atau bisa juga membantu menjual produk milik orang lain.

Lebih bagus lagi jika kamu mempunyai kemampuan membuat produk sendiri. Apalagi kalo produk yang kamu jual adalah barang-barang unik yang jarang dijual orang lain, misalnya kerajinan tangan atau aksesoris-aksesoris. Selain itu, barang-barang yang bernilai seni juga dapat dijual mahal di marketplace.

Ada banyak sekali marketplace yang bisa kamu gunakan, seperti: tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dll. Jadi, selain menjual produk kamu disosial media, manfaatkanlah juga marketplace tersebut untuk memaksimalkan usaha kamu.

16. Katering rumahan

Modal: + Rp. 4 Juta

Jika kamu hobi memasak, maka usaha katering akan menjadi sebuah pilihan yang bagus. Usaha katering tidak akan pernah ketinggalan zaman, karena ada banyak sekali orang yang membutuhkan jasa katering. Hal yang paling penting adalah menjaga kualitas masakan kamu agar selalu bersih, higienis, dan pastinya enak.

Lalu, siapa yang akan menjadi pelanggan?
Ada banyak calon pelanggan yang menjadi peluang usaha untuk usaha katering. Seperti:
1. Anak kos
2. Karyawan yang super sibuk
3. Tetangga yang tidak sempat masak
4. Anak sekolahan
5. Acara-acara yang membutuhkan jasa katering

Jangan lupa untuk memanfaatkan sosial media kamu, sehingga usaha katering kamu akan lebih cepat dikenal banyak orang. Kamu juga mengatur masakan yang akan kamu buat, misalnya dengan membuat sistem pesan dulu baru dimasak, jadi kamu hanya perlu memasak masakan yang dipesan saja. 

Tapi, usaha ini akan menghabiskan banyak sekali waktu. Jadi, kalau kamu mau melakukan usaha ini sebagai usaha sampingan, maka kamu harus mengatur jam kerja kamu dengan baik. Kamu dapat juga membuka layanan pada hari-hari tertentu saja, misalnya ketika hari libur dan sabtu minggu saja.

Modal yang diperlukan sebenarnya tidak terlalu banyak. Jika kamu sudah mempunyai peralatan masak dirumah kamu, maka yang kamu perlukan hanyalah membeli bahan-bahan untuk dimasak. Namun, jika belum mempunyai peralatan, maka kamu akan memerlukan dana sekitar 4 jutaan untuk membeli peralatan seperti kompor, panci, kuali, oven, tabung gas, dan semacamnya.

17. Usaha Pom Bensin Mini / Pertamini

Modal: Rp. 4 Juta s.d. 8 Juta

Usaha yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang hanya dirumah saja dan tidak terlalu sering bepergian. Lebih bagus lagi jika kamu punya warung atau toko, kemudian membuka pertamini di depannya. Syarat utama dari usaha ini adalah lokasinya harus sering dilalui oleh kendaraan, dan pastinya jauh dari SPBU sehingga orang-orang lebih memilih mengisi eceran. Pastikan harga jual kamu masih wajar dengan selisih yang tidak terlalu jauh dari harga aslinya, jadi pembeli tidak merasa keberatan.

Memang modalnya terdengar cukup besar untuk sekedar menjual bensin. Untuk pembuatan box penampungan bensin dengan selang dan alat pompanya memang membutuhkan dana sekitar Rp. 4 juta. Mungkin bisa lebih hemat jika kamu bisa membuatnya sendiri. Ada juga box Pertamini yang sudah jadi lengkap dengan mesin elektronik dengan alat hitung digital yang harganya lebih mahal. Semuanya tergantung kamu mau pilih alat yang mana.

Jika belum mampu membeli Pertamini, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan jerigen dan literan. Jadi dengan modal sekitar 10 buah jerigen 2 liter, dan 5 jerigen 5 liter, kamu sudah bisa menjual bensin. Nanti setelah cukup modal, barulah diupgrade menggunakan peralatan yang lebih baik.

18. Foreign Exchange (Forex)

Modal: Sesuai kemampuan

Bisnis yang satu ini memerlukan keterampilan yang bagus dalam membaca keadaan ekonomi dunia. Minimal kamu harus mengerti kapan harga mata uang suatu negara akan naik atau turun. Ahli Forex akan selalu memantau dan menganalisa berita-berita mengenai ekonomi, kemudian menganalisa setiap informasi yang dia dapatkan. Nah, setelah yakin dengan informasi tersebut, selanjutnya adalah berspekulasi untuk membeli atau menjual.

Forex memang bisa dijadikan usaha sampingan, tapi bisnis ini bukanlah suatu hal yang gampang. Walaupun kamu bisa mendapatkan uang jutaan, puluhan, hingga ratusan juta perhari, tapi kamu juga bisa kehilangan semua uang kamu dalam waktu yang cepat. Nah, memang mirip-mirip dengan judi, jadi jangan berharap terlalu besar pada bisnis ini.

Cara memperoleh keuntungan dari bisnis Forex sebenarnya cukup sederhana. Misalnya kamu bermain Dollar dengan Rupiah, jadi setiap harga Dollar terhadap Rupiah turun, kamu akan membelinya, kemudian menjual kembali ketika harga Dollar naik. Masalah utamanya, kamu tidak tahu pasti kapan Dollar akan turun ataupun naik.

Ada banyak tips yang beredar tentang bisnis ini, silahkan baca untuk memperluas wawasan kamu. Bahkan bank-bank juga membuat laman khusus mengenai pergerakan mata uang asing. Hal yang paling penting dalam bisnis ini adalah keterampilan menganalisa informasi, dan pastinya keberanian untuk berspekulasi.

Itulah beberapa Ide Bisnis yang bisa kamu lakukan. Pilihlah bisnis yang paling sesuai, kemudian kerjakan. Orang bijak pernah berkata: 

“Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dikerjakan”

Jadi, jangan sia-siakan waktumu, mulai bisnismu sekarang dan jadilah orang sukses dimasa depan.

Leave a Comment