Cara Verifikasi Rekening Bank di AdSense Payment

Blogger dan youtuber pasti sudah kenal dengan yang namanya AdSense. Bahkan kebanyakan dari mereka menjadi blogger ataupun youtuber adalah karena ingin mendapatkan penghasilan dari AdSense. Saya salah satunya, mungkin kalian juga.

Apa itu Google Adsense

Setelah sekian lama terkatung-katung berjuang demi mimpi mendapatkan penghasilan dari AdSense, tibalah juga saatnya saya bisa mendaftarkan nomor rekening bank saya untuk pembayarannya. Rasanya cukup menyenangkan, walaupun saya tahu gajiannya mungkin masih lama. Tapi ketika payment method di AdSense sudah diverifikasi, saya merasa seperti terlahir kembali.

Perlu kita ingat kembali, menjadi publisher AdSense bukanlah hal yang menyenangkan (awalnya). Saya sekitar satu tahun bekerja sama dengan AdSense, tapi belum pernah gajian. Menjadi publisher AdSense memang tidak seindah mimpi. Banyak yang bilang mendapatkan uang dari blog atau youtube itu mudah dan bla bla bla. Tapi saya berani bilang itu semua bohong. Kamu akan membutuhkan kerja keras luar biasa dan waktu yang banyak untuk membangun blog atau youtube kamu.
Baca juga: Susahnya mendapatkan uang dari blog

Baiklah, tanpa memperpanjang basa basi lagi, berikut ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana memverifikasi rekening bank di akun AdSense.

Apa itu Verifikasi Rekening Bank di AdSense?

Untuk meyakinkan Google AdSense bahwa rekening yang kita daftarkan adalah benar dan valid, maka mereka akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Setelah verifikasi berhasil, barulah AdSense akan membayar kita di rekening tersebut. Hal ini memang sangat wajar, karena kita tahu bahwa data perbankan sangatlah sensitif, jadi AdSense tidak mau mengambil resiko.

Kapan kita memverifikasi rekening di AdSense

Kita tidak bisa sesuka hati mendaftarkan rekening bank di AdSense. Pertama-tama, AdSense akan memberitahukan kita bahwa kita sudah layak untuk mendaftarkan rekening bank kita untuk pembayaran hasil kerjasama dengan AdSense.

Baca Juga:  Haruskah blog dimonetisasi?

Syarat utama yang harus dipenuhi sebelum kita dapat mendaftarkan rekening kita di Payment Method adalah AdSense kita harus sudah melewati minimal 10% dari payment threshold. Jika threshold nya adalah Rp. 1.300.000,- maka kita harus sudah mendapatkan minimal Rp. 130.000,-.

Setelah melewati batas minimal 10% tersebut, maka pihak AdSense akan mengirimkan kamu e-mail yang intinya silahkan mendaftarkan rekening bank untuk pembayaran. Tapi walaupun pihak AdSense tidak mengirimkan e-mail, kamu juga tetap bisa mendaftarkan rekening bank asalkan sudah lewat 10%.

Proses verifikasi rekening bank

Proses verifikasinya sangatlah mudah. Seperti biasa, kamu cukup memasukkan data bank seperti nama bank, nama pemilik rekening dan nomor rekening. Setelah selesai, AdSense akan memberitahukan bahwa mereka akan memverifikasikan data tersebut dalam 3-5 hari kerja.

Bagaimana Google AdSense memverifikasi data bank?
Dalam 3-5 hari kerja, setelah data rekening bank didaftarkan, AdSense akan mengirimkan uang ke rekening tersebut sejumlah minimal Rp. 1 sampai dengan maksimal Rp. 1000. Jumlah uang yang dikirimkan tersebut merupakan kode verifikasi yang harus kamu masukkan di bagian verifikasi data bank. Pengiriman tersebut juga berguna untuk memastikan nomor rekening yang dimasukkan tersebut sudah benar atau belum.

Masukkanlah kode verifikasi tersebut ke akun AdSense. Tapi hati-hati, jangan sampai salah. AdSense memberi batasan berapa kali kamu bisa memasukkan kode verifikasi tersebut. Jika sudah berhasil, maka sekarang rekening kamu untuk payment sudah terverifikasi dan AdSense siap membayar kamu.

Kamu juga bisa mendaftarkan lebih dari satu rekening. Prosesnya sama untuk setiap rekening. Jadi setiap kali kamu mendaftarkan rekening, google AdSense akan melakukan verifikasi dengan cara tersebut.


Itulah sedikit cerita tentang cara verifikasi rekening bank di AdSense. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jangan berhenti disini saja, baca juga artikel-artikel lainnya di alaguru.com.

Baca Juga:  Tips Mendapatkan Pengunjung pada Blog Luar Negeri - Khusus Pemula

Baca juga:
WordPress vs. Blogger – Mana yang lebih baik?
Cara memulai bisnis online yang mudah dan menguntungkan
5 Cara Ampuh Mendapatkan Subscriber YouTube

Leave a Comment