Cara menurunkan Spam Score di Blog

Spam Score adalah hal yang cukup mengerikan bagi para blogger. Banyak sekali dampak negatif yang timbul akibat dari spam score yang tinggi, terutama pada kredibilitas blog hingga pemblokiran blog. Maka dari itu, sebagai blogger, kita harus benar-benar memperhatikan spam score agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas langkah-langkah mengurangi spam score yang tinggi:

1 – Atur Kolom Komentar

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menurunkan spam score pada sebuah blog adalah dengan mengatur kotak komen. Jika ada pengunjung yang meninggalkan link di komentar, pastikan link tersebut aman. Khususnya pada blog WordPress, hilangkan tampilan isian url pada sesi komentar.

2 – Jangan Meninggalkan Url Blog Sembarangan

Ketika melakukan blogwalking, atau berkunjung ke blog orang lain, jangan terlalu sering meninggalkan url blog kita. Hal ini dapat meningkatkan spam score terutama jika blog tempat meninggalkan url tersebut memiliki spam score yang tinggi.

Sederhananya, backlink yang datang dari blog dengan spam score yang tinggi akan berdampak buruk pada spam score blog kita. Sebut saja, spam score bisa menular dari satu blog ke blog lain. Jadi pastikan tempat kamu meninggalkan url adalah tempat yang aman.

3 – Buat Artikel Organik Lebih Banyak

Hal yang paling penting dari sebuah blog adalah artikel. Semakin banyak artikel, maka akan semakin maju sebuah blog. Akan tetapi, tidak semua artikel itu baik menurut spam score.

Langkah yang sangat efektif agar spam score bisa turun adalah dengan menulis artikel organik lebih banyak. Artikel organik yaitu artikel yang tidak memiliki sponsor. Semakin banyak artikel bersponsor, maka akan semakin tinggi spam score dan begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, perbanyaklah artikel-artikel organik.

Baca Juga:  Cara Verifikasi Rekening Bank di AdSense Payment

Menurut informasi yang beredar, jika kamu menulis 1 artikel bersponsor, maka setidaknya kamu harus menulis 3 artikel organik (1 banding 3). Jadi ketika mendapatkan pesanan artikel untuk sponsored content, maka kamu juga harus menyiapkan artikel organik yang sebanding.

Jangan lupa untuk memperhatikan Search Engine Optimization agar peringkat artikel kamu cukup bagus pada hasil pencarian Google.

4 – Cari Backlink Berkualitas

Seperti dijelaskan diatas, kurangi backlink dari situs-situs yang tidak aman. Apalagi situs-situs yang terlarang dan berbahaya seperti pornografi, judi, download bajakan, dan sejenisnya. Situs-situs seperti ini akan berdampak sangat buruk pada peringkat blog kamu.
Baca juga: Jenis-jenis link

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, biasanya para blogger akan saling bertukar link di artikel mereka. Ada juga blogger yang menawarkan guest post, jadi si pemilik blog mendapat artikel gratis dan si penulis mendapatkan backlink. Tapi juga harus tetap diperhatikan, jangan bertukar backlink dengan blog yang memiliki spam score yang tinggi.

5 – Perbaiki atau Hapus Broken Link

Ketika menulis artikel di blog, kita sering kali meninggalkan link didalamnya. Jika dalam 1 artikel kamu menanamkan 5 link, maka saat memiliki 200 artikel kamu akan memiliki 1000 link. Nah, pastikan tidak ada link yang rusak karena link rusak atau broken link akan menambah spam score blog.

Pastinya, jika sudah punya artikel yang banyak, kita akan kesulitan untuk mencari broken link. Tapi sekarang sudah ada plugin dan website yang membantu kita mencari broken link. Salah satunya adalah Brokenlinkcheck.com
Baca juga: Cara mencari broken link di blog


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi spam score pada blog. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga artikel lainnya di alaguru.com

Baca Juga:  Tahap 4: Perlengkapan Awal Blog Wordpress Baru

Baca juga:
Mengapa kamu harus punya blog? Ini Alasannya
Daftar AdSense kurang dari satu bulan
Apa itu plugin?

Leave a Comment