Cara Memulai Bisnis Online yang Mudah dan Menguntungkan

Membangun sebuah bisnis online adalah sebuah hal yang cukup sulit bagi kebanyakan orang. Tapi jika kamu melakukannya dengan benar, bisnis kamu pasti akan berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan.

Bisnis online memang sudah dilakukan banyak orang saat ini. Selain karena lebih mudah dan praktis, bisnis online juga membutuhkan modal yang relatif lebih kecil dari bisnis-bisnis yang belum online. Meski demikian, asalkan kita bisa menjalankannya strategi yang baik, kita justru dapat meraup lebih banyak keuntungan.

Selain itu, bisnis online juga bisa menjadi usaha sampingan. Hanya dengan modal smartphone dan kuota Internet, kita sudah bisa menjalankan bisnis online.
Baca juga: Ide bisnis sampingan yang menguntungkan

Cara Memulai Bisnis Online

Menjalankan bisnis online sudah menjadi pilihan bagi sebagian besar orang untuk mendapatkan uang. Bahkan sudah banyak orang yang sukses membangun toko online yang cukup besar dengan puluhan hingga ratusan transaksi setiap harinya. Tapi, setiap usaha yang besar pastinya bermula dari yang kecil. Agar usaha bisa berjalan dengan lancar, perlu dijalankan dengan tekun menggunakan kiat khusus. Berikut ini ada beberapa cara dan proses yang bisa kamu jalanka ketika memulai sebuah bisnis online: 

1. Mulai Mindset Bisnis Online

Saat kamu ingin memulai bisnis online, hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu mengatur mindset bisnis online kamu dengan benar. Sebab mindset adalah pondasi dalam melakukan sesuatu. Jika benar, maka langkah selanjutnya juga berjalan dengan benar.

Atur pola pikir kamu dengan baik. Pelajari pola logika seperti jika-maka dan sejenisnya. Kemudian pahami apa-apa saja sikap yang harus kamu ambil ketika sudah memulai bisnis online. Dengan begitu, kamu seharusnya sudah mengerti bagaimana mengatur apa-apa saja yang akan kamu lakukan agar bisnis online kamu bisa berhasil dan sukses.

Baca Juga:  Perbedaan Reseller dan Dropshipper

2. Tentukan Target

Setelah mindset bisnis online yang benar, langkah selanjutnya yaitu menentukan target. Kamu harus benar-benar memahami bisnis online apa yang akan kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu bisa membuat target-target yang harus dicapai. Misalnya target penjualan, target marketing, target omzet dan keuntungan, dan target-target lainnya.

Jangan lupa untuk menyiapkan produk terlebih dulu baru kemudian menentukan target yang tepat. Misalnya jualan sepatu bayi, maka targetnya yaitu ibu-ibu yang baru melahirkan.

3. Pilih Sistem Penjualan

Kemajuan dunia teknologi pastinya akan memudahkan kamu dalam mendapatkan produk dan menjualnya lagi untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu yang banyak dipilih pelaku usaha online yaitu menjadi dropshiper. Kamu cukup membeli dan selanjutnya menjadi urusan suplier.

Selain dropshipper, kamu juga bisa menjadi reseller. Tapi jika kamu bisa membuat produk sendiri, maka akan sangat bagus. Misalnya kamu menjual cake ulang tahun, roti sobek, atau aneka masakan.
Baca juga: Perbedaan Reseller dan Dropshipper

Jika kamu sudah memiliki modal awal yang cukup dan tidak mau menjadi dropshiper, kamu bisa melakukan stok dan pengiriman barang sendiri. Hal ini bisa menjaga kredibilitas kamu sebagai penjual dimata konsumen.

4. Bangun Website

Tidak hanya sekedar toko di marketplace seperti tokopedia, shopee, atau lazada, tapi bangunlah website kamu sendiri. Jadi kamu akan punya toko online sendiri dengan fitur-fitur yang bisa kamu atur sesuka hati. Mulailah mengembangkan website, jika tidak mampu bisa menggunakan jasa developer website, yang penting kamu punya website sendiri.

Untuk tahap awal, kamu juga bisa membuat sebuah blog gratisan ataupun berbayar seperti Blogspot dan WordPress. Bagikan konten-konten tentang bisnis online yang kamu jalankan. Pastinya hal tersebut akan sangat membantu penjualan kamu.
Baca juga: Langkah awal membuat blog untuk pemula

Baca Juga:  18 Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil tapi Menguntungkan

Menjadi pengusaha online adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dengan mudah. Tapi semua tahapannya harus kamu jalani dengan baik. Gunakan cara memulai bisnis online dengan tepat agar usaha kamu berjalan dengan baik. Dengan modal yang tidak terlalu banyak, keuntungan yang bisa kamu dapatkan cukup menjanjikan. Selain sebagai usaha pokok, bisnis online juga bisa anda jadikan usaha sampingan.

Sekian dulu artikel kali ini. Jangan berhenti disini saja ya. Baca juga artikel-artikel lainnya di Alaguru.com.

Baca juga:
5 Alasan Bisnis Online sangat menjanjikan
Cara berjualan online agar cepat laku
Kesalahan-kesalahan saat memulai bisnis

Leave a Comment