Apa itu URL? Kepanjangan dari URL dan Artinya

Apakah URL sama dengan Domain Name? Jawabannya adalah tidak. Tetapi, masih banyak orang yang beranggapan kalau URL dan Domain itu sama. Ya, mungkin masih dapat dimengerti karena URL dan Domain itu mirip. Berikut penjelasannya.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator atau sering juga disebut Universal Resource Locator. URL dapat diartikan sebagai lokasi atau alamat yang menyimpan suatu dokumen untuk diakses melalui internet.

Domain merupakan bagian URL. Bila diibaratkan alamat rumah, maka domain itu cuma nama kotanya saja, sedangkan URL itu lengkap dari nama kota, nama jalan, kode pos, hingga nomor rumah. Selengkapnya tentang domain bisa kamu baca di: Apa itu domain?

Silahkan lihat perbedaan URL dengan Domain pada gambar berikut:

URL dan Domain
image by: alaguru.com

Penjelasan lebih lanjut

Agar sebuah komputer dapat terhubung pada suatu jaringan dan server, maka komputer tersebut bergantung pada alamat yang dituliskan dengan kombinasi angka dan huruf yang disebut IP address. Semua perangkat yang terhubung ke Internet memiliki IP address unik yang berbeda satu sama lain.

Berikut beberapa contoh IP address:

  • 192.168.100.120:33455
  • 44.432.223.64 or 3eed:2900:4545:3:400:e8ee:fe42:67ce
  • 216.3.128.12:11499

Kombinasi-kombinasi angka tersebut pastinya akan sulit untuk diingat bagi kebanyakan orang. Okelah kalau cuma satu atau dua IP addresss, mungkin masih cukup mudah. Tapi kalau sudah lebih dari 10, kita akan kesulitan untuk mengingatnya dan harus membuat catatan.

Untuk memudahkan navigasi di internet, mengetik IP address akan mempersulit user. Itulah sebabnya diciptakan nama domain untuk menyembunyikan IP address dan menggantikannya dengan kata-kata yang lebih mudah diingat. Singkatnya, kita sebut saja IP address sebagai Nama Asli, dan Domain sebagai nama panggilan.

URL memiliki detail yang lebih lengkap untuk mengakses alamat web dan mengarahkan ke halaman tertentu yang diinginkan. Setiap halaman website akan memiliki URL yang unik dan berbeda-beda.

Baca Juga:  Tahap 3: Pegaturan Awal Blog Wordpress

Baca juga:
Apa itu Website?

Leave a Comment