Apa itu DA dan PA?

Dalam dunia SEO, kita akan sering mendengar dan membaca istilah DA dan PA. Lalu, apa sebenarnya Pengertian DA dan PA ini?

DA merupakan singkatan dari Domain Authority, sedangkan PA merupakan singkatan dari Page Authority. Kedua hal tersebut sangat penting karena akan berpengaruh pada rangking sebuah website di hasil pencarian. Semakin tinggi DA dan PA, maka akan semakin baik rangking dan reputasi sebuah website. Bahkan, dengan skor yang tinggi, dapat meningkatkan kemungkinan kerjasama dengan pihak lain yang tentunya akan menghasilkan keuntungan.

Nah, agar lebih paham lagi mengenai DA dan PA, silahkan simak penjelasan tentang DA dan PA berikut ini:

Domain Authority

Pengertian Domain Authority (DA)

Domain authority (DA) adalah skor yang merujuk pada kekuatan dari sebuah domain. Kekuatan domain tersebut diukur berdasarkan usia, popularitas, dan ukurannya. Skor dari DA dimulai dari 1 hingga 100, dengan pengertian semakin tinggi skornya maka semakin baik posisi dan peringkat domain.

Cara Meningkatkan DA

Ada tiga hal yang merupakan faktor penentu skor DA pada sebuah website, yaitu: usia, popularitas, dan ukuran. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Usia Domain
    Usia dari sebuah domain akan sangat menentukan tinggi atau rendahnya DA dari suatu website. Sebuah website baru tidak mungkin akan mendapatkan DA yang tinggi dalam waktu yang singkat. Perlu waktu yang lama dan kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan DA dengan skor yang baik.
  2. Popularitas Domain
    Popularitas sebuah domain bisa dilihat dari jumlah Inbound link atau lebih dikenal dengan backlink yang ditujukan ke website kamu. Pastinya, link-link tersebut harus berupa link dari website yang berkualitas agar tidak terdeteksi spam. Kamu tidak mau dapat spam score tinggi gara-gara backlink asal-asalan bukan?
    Baca juga: Apa itu Spam Score?
  3. Ukuran Domain
    Ukuran yang dimaksud adalah seberaba banyak halaman yang ada didalam sebuah website. Jika kamu mengelola blog, maka bisa dilihat dari seberapa banyak artikel yang sudah dipublikasikan. Perlu diperhatikan juga, yang terpenting bukanlah berapa banyak total artikel yang dimiliki, tapi berapa banyak informasi bermanfaat yang bisa blog tersebut berikan kepada para pembaca.
Baca Juga:  Cara menurunkan Spam Score di Blog

Page Authority

Pengertian Page Authority (PA)

Page Authority (PA) adalah skor yang menunjukkan gambaran ranking sebuah website atau blog dalam hasil pencarian di search engine. Sama seperti DA, PA juga memiliki nilai dari 1 sampai dengan 100. Semakin tinggi skor PA sebuah website, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk muncul pada hasil pencarian.

Sebagai contoh, kita semua sudah pasti tahu situs Wikipedia.com. Nilai PA dari situs tersebut cukup tinggi saat ini yaitu 70, bahkan dulu pernah mencapai 95. Jadi wajar saja kalau halaman-halaman wikipedia selalu berada pada posisi 1 di hasil pencarian google.

Cara  Meningkatkan PA

Bagaimana cara meningkatkan PA? – Untuk meningkatkan PA, caranya tidak terlalu menyusahkan, tapi harus dilakukan secara terus menerus. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan PA:

  1. Publikasikan konten atau artikel pada website atau blog kamu secara teratur dan berkala. Pastikan artikel-artikel tersebut berkualitas dan bebas plagiarisme.
  2. Carilah backlink yang berkualitas, jangan asal-asalan. Lakukan pula backlink yang sesuai dengan topik atau judul artikel dari blog kamu sehingga backlink tersebut berkualitas.
  3. Sisipkan media seperti gambar, audio, dan video pada artikel-artikel yang kamu buat.
  4. Pastikan pengunjung mau bertahan dan membaca artikel yang kamu tulis. Jangan sampai hanya mampir beberapa detik dan langsung pergi.
  5. Semakin banyak pengunjung yang datang dan membaca artikel, maka akan semakin populer website atau blog kamu. Dengan begitu, otomatis PA akan meningkat.

Itulah pengertian DA dan PA dalam dunia SEO dan blogging. Kesimpulan yang dapat kita ambil sebenarnya adalah artikel yang berkualitas didukung dengan backlink berkualitas. Dengan kedua hal itu, DA dan PA akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga:  Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Nilai DA dan PA yang tinggi akan berdampak baik bagi kamu nantinya. Jadi, jangan diabaikan dan harus selalu ditingkatkan. Sekian dulu artikel kali ini, baca juga artikel lainnya di alaguru.com

Baca juga:
Perbedaan Post dengan Page di WordPress
Tips membuat blog bule
Mengapa kamu harus punya blog? Ini Alasannya

Leave a Comment