5 Tips Membuat Blog Bule Untuk Pemula

Membuat Blog Bule itu Mudah

Membuat blog bule atau blog luar negeri diyakini mampu menghasilakan uang lebih banyak daripada blog bahasa Indonesia. Mengapa? ya wajar saja, karena pengunjung utama blog bule adalah orang-orang dari luar negeri dan pastinya kita dibayar menggunakan dollar. Jangkauan blog bule adalah seluruh dunia, sehingga blog tersebut memiliki potensi pengunjung yang jauh lebih besar dari blog bahasa Indonesia. Tapi, rata-rata pengunjung yang datang adalah mereka yang berasal dari negara-negara yang berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Kanada.

Namun, ada beberapa masalah yang akan muncuk ketika kamu berencana membuat blog bule alias luar negeri. Mulai dari penulisan artikel yang memerlukan kemampuan bahasa Inggris, proses optimasi blog yang lama, serta persaingan yang sangat ketat. Tapi jangan khawatir, jika kamu serius dan tekun, kamu akan mendapatkan hasil yang sesuai.

Nah, pada artikel kali ini, akan dibagikan tips-tips membuat dan mengelola blog bule atau blog luar negeri.

Tips Membuat Blog Bule/Luar Negeri

Bagi kamu yang ingin membuat blog bule atau blog luar negeri, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan. Ini dikhususkan untuk pemula, jadi jika kamu sudah merasa sangat mahir, silahkan di-skip ke artikel lainnya ya.

1. Mengerti dan bisa Bahasa Inggris

Syarat utama yang harus kamu miliki adalah Bahasa Inggris. Setidaknya kamu bisa berbahasa Inggris secara pasif sehingga kamu benar-benar paham dengan artikel yang kamu buat. Apalagi jika artikel tersebut didapatkan dengan cara membeli atau membayar penulis, kamu harus paham bahasa Inggris jadi bisa menilai apakah artikel berkualitas atau tidak.

Baca juga: Mengapa bahasa Inggris itu penting?

Baca Juga:  Apa itu spam score dan pengaruhnya pada blog

2. Pilih Niche yang Sedikit Pesaingnya

Blog berbahasa Inggris memiliki perseingan yang lebih tinggi dibandingkan blog bahasa Indonesia. Jadi, kamu harus memilih niche yang minim persaingan. Jika kamu memilih niche yang sudah populer, kamu akan membutuhkan perjuangan yang sangat keras dan lama bahkan kemungkinan besar berhenti ditengah jalan.

Oleh karena itu, pilihlah niche dengan persaingan yang rendah. Nanti, jika traffic blog kamu sudah cukup baik, barulah kembangkan dengan menambah niche lain sesuai dengan keinginan kamu.

3. Memilih Tema yang Kamu Kuasai

Hal yang paling penting adalah memilih tema yang benar-benar kamu kuasai. Jika tema tersebut kamu kuasai, maka membangun blog tersebut akan menjadi sangat menyenangkan. Jadi, jangan coba memilih tema atau niche yang tidak kamu kuasai, karena konten yang kamu hasilkan bisa saja tidak menarik.

Kebanyakan orang hanya memikirkan keuntungan yang akan didapat dari tema tertentu, dan tidak memperhatikan kemampuannya. Jadi ketika menulis konten, mereka tidak terlalu paham dengan apa yang mereka buat. Alhasil, konten yang mereka hasilkan menjadi tidak berkualitas dan mereka juga menjadi tidak produktif.

4. Menggunakan Hosting Server USA

Kebanyakan pengunjung blog bule adalah orang-orang Amerika Serikat dan Canada. Ada banyak juga pengunjung dari negara lain seperti India, Inggris, dan negara-negara Eropa. Tapi Amerika dan Canada biasanya menjadi penyumbang traffic terbanyak. Jadi, untuk memaksimalkan kecepatan blog, kamu dapat menggukana server USA untuk hosting kamu.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu ingin menggunakan server Indonesia. Pengaruhnya hanya pada loading speed dari blog kamu. Semakin jauh server dari orang yang mengakses, maka loadingnya akan semakin lama. Jadi disarankan memilih server yang dekat dengan pengunjung blog.

Baca Juga:  Susahnya Menghasilkan Uang dari Blogging

Tapi jika kamu tidak menggunakan self-hosting, kamu tidak perlu memikirkan lokasi server. Contohnya seperti wordpress.com, dan Blogspot.

Baca juga:
WordPress.com dan WordPress.org
WordPress dan Blogger

5. Gunakan Tools yang Mengoreksi Bahasa Inggris

Seperti disebutkan sebelumnya, syarat untuk mengelola blog bule atau luar negeri adalah bahasa Inggris. Tapi kamu tidak perlu mahir 100%, karena ada banyak aplikasi dan peralatan yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu. Beberapa perlengkapan di Internet dapat membantu kamu memeriksa tata bahasa dan grammar hingga level plagiarisme. Bahkan ada juga penerjemah atau translator yang bisa kamu gunakan secara gratis. Perlengkapan-perlengkapan tersebut dapat kamu gunakan untuk menghasilkan artikel bahasa Inggris yang baik dan enak dibaca.

Beberapa tools atau perlengkapan yang bisa kamu gunakan seperti:

  • Bing.com/translator
  • Google.com/translate
  • Plagiarisma.net
  • Grammarly.com
  • Smallseotools.com

Perlengkapan diatas dapat kamu gunakan secara gratis. Tapi memang ada batasan-batasan dan hanya fitur-fitur standar. Jika kamu ingin menggunakan versi berbayar, kamu bisa mencari di Internet software seperti itu karena ada banyak sekali yang menyediakannya.


Itulah beberapa tips membuat blog bule yang dapat kamu lakukan. Silahkan dicoba ya! Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca juga:
Memulai blog bagi pemula
Menghasilkan uang dari blog
Haruskah blog dimonetisasi

2 thoughts on “5 Tips Membuat Blog Bule Untuk Pemula”

    • Gak masalah, silahkan saja.
      Paling-paling bahasanya kurang natural, karena ditranslate robot. Sarannya, setelah di translate pake google, periksa lagi bahasanya. Jika tidak mampu, minta bantuan orang lain atau penyedia jasa.

      Reply

Leave a Comment