5 Manfaat Bahasa Inggris untuk usaha dan Bisnis

Bahasa Inggris sudah seperti sebuah kewajiban di masa sekarang ini. Kemajuan yang terjadi menyebabkan kita bisa berkomunikasi dan berinteraksi tanpa ada batasan waktu dan tempat. Nah, bahasa Inggris pun menjadi alat yang penting untuk kita bisa berkomunikasi, jika tidak bisa bahasa Inggris tentunya kita akan kesulitan. Komunikasi antar negara sudah menjadi hal biasa dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional.

Belajar bahasa Inggris online adalah salah satu cara yang banyak dilakukan agar dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini, hampir semua hal bisa kita lakukan secara online, termasuk belajar bahasa Inggris. Walaupun pasti ada kelebihan dan kekurangan, belajar online menjadi pilihan yang tepat saat ini karena lebih simpel dan fleksibel.

Selain sebagai alat untuk berkomunikasi, belajar bahasa ternyata juga bermanfaat untuk hal-hal lainnya. Menurut peneliti, mempelajari bahasa asing dapat menjaga kesehatan otak dan menunda atau mengurangi resiko terkena penyakit alzheimer. Menurut mereka, hal tersebut terjadi karena ketika kita mempelajari bahasa asing, saraf-saraf di otak akan semakin aktif.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa bahasa Inggris itu penting. Nah, sesuai dengan judul artikel kali ini, kita akan membahas manfaat-manfaat bahasa Inggris dalam dunia usaha atau bisnis. Bahasa Inggris sudah sangat diperlukan saat ini untuk menunjang bisnis yang kita jalankan. Untuk lebih jelasnya, ayo kita simak poin-poin berikut:

1) Mempersiapkan Kita Menjadi Pebisnis Sukses

Menguasai bahasa Inggris akan memberikan manfaat bagi para pebisnis. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia bisnis, sudah selayaknya membekali diri dengan kemampuan komunikasi yang baik. Kita bisa berteman dengan orang luar negeri dan saling bertukar pikiran tentang bisnis. Selain itu, kebanyakan informasi dan ide-ide bisnis kreatif beredar di Internet dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:  Perbedaan Reseller dan Dropshipper

Ketika kita memahami bahasa Inggris, pastinya kita akan sangat dimudahkan dalam memahami ide-ide kreatif yang sesuai dengan bisnis kita. Pastikan ide-ide tersebut pas dengan bisnis yang sedang atau akan kita jalani sehingga bisa menarik dan pada akhirnya usaha kita bisa berkembang. Nah, apa lagi yang kamu tunggu, ayo belajar bahasa Inggris.
Baca juga: 6 Cara Jitu agar Mahir Bahasa Inggris Dalam Sekejap

2) Membantu Kita Mengembangkan Usaha

Bahasa Inggris akan sangat membantu kita saat akan mengembangkan usaha. Seorang pebisnis pasti akan berusaha mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu diperlukan promosi untuk mengenalkan bisnis kita ke pasar yang lebih luas. Nah, bahasa Inggris adalah salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita. Bisa saja kita menjangkau pasar internasional, atau hanya sekedar untuk menarik minat pelanggan dengan promosi menggunakan bahasa Inggris yang kita lakukan.

Selain itu, bisnis-bisnis yang menggunakan bahasa Inggris terkesan lebih keren terutama di Negara kita tercinta Indonesia. Semua hal yang berbau luar negeri akan terkesan lebih baik walaupun sebenarnya dibuat di dalam negeri. Bahkan makanan Indonesia yang ditulis dalam bahasa Inggris saja bisa diberi harga lebih mahal. Coba perhatikan gambar dibawah ini:

Walaupun gambar diatas hanya meme, tapi memang begitu kenyataannya. Makanan yang ditulis dengan bahasa Inggris biasanya lebih mahal. Maka dari itu, bahasa Inggris menjadi salah satu penunjang usaha yang cukup bagus.
Baca juga: 18 Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil tapi Menguntungkan

3) Membantu Membuat Tema Unik

Usaha dan bisnis bisa lebih berkembang jika menggunakan tema yang unik. Tema dan konsep unik tersebut pastinya akan menarik perhatian lebih banyak orang. Sebagai contohnya, sekedar nama toko saja akan lebih menarik jika dituliskan dalam bahasa Inggris. Coba perhatikan contohnya berikut ini:

  • Servis Laptop Semua Merk
  • Laptop Service Center
  • Warung Kopi
  • Coffee Shop
  • Warnet
  • Internet Café

Jadi, mana yang lebih keren? Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris?
Menurut survey, nama toko yang menggunakan bahasa Inggris dianggap lebih keren oleh kebanyakan orang.

Baca Juga:  Apa itu DA dan PA?

Bahkan, dengan menggunakan bahasa Inggris, kita bisa menaikkan harga jual produk kita. Contohnya pada kasus telur dadar dan gado-gado diatas tadi. Dengan begitu, tentunya kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dengan menggunakan bahasa Inggris.

4) Memperkuat Hubungan dengan Relasi

Ketika kita memiliki sebuah bisnis, pastinya kita akan membutuhkan relasi. Semakin banyak relasi, maka semakin mudah kita mengembangkan bisnis yang kita jalankan. Apalagi kalau relasi tersebut berasal dari negara lain, pastinya akan lebih menguntungkan lagi. Nah, agar bisa berkomunikasi dengan siapa saja, kita akan sangat membutuhkan bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris, kita akan bisa berdiskusi degan banyak orang dari berbagai negara. Kita juga bisa mengikuti berbagai forum bisnis, seminar, dan bahkan kerjasama bisnis antar negara. Kita juga bisa meminta kritik, saran, ataupun masukan untuk bisnis yang kita jalani pada forum yang sangat besar karena berisikan orang-orang dari berbagai negara di dunia. Jadi, maksimalkanlah kemampuan bahasa Inggris kamu agar bisa bertukar pikiran dengan banyak orang.

5) Mudah Memahami Teknologi

Bahasa Inggris dapat memudahkan kita untuk memahami teknologi. Seperti yang kita tahu, hampir semua teknologi akan menggunakan bahasa Inggris untuk menjelaskan cara kerjanya. Alat-alat yang dijual dipasaran biasanya akan memiliki buku manual penggunaan yang dituliskan dalam bahasa Inggris. Bayangkan kalau kamu tidak bisa bahasa Inggris, mungkin kamu akan kebingunan ketika membaca manualnya.

Begitupun dengan dunia bisnis. Ketika akan mengembangkan usaha kita, pastinya akan menggunakan banyak alat atau bahkan aplikasi komputer yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk memaksimalkan alat tersebut, kita harus tahu bagaimana cara kerjanya. Jika tidak bisa, mungkin kita akan menggunakan jasa orang lain dan tentunya malah menambah biaya pengeluaran.

Baca Juga:  18 Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil tapi Menguntungkan

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika kita menguasai bahasa Inggris. Memang ada bahasa lain yang cukup berguna saat ini, misalnya bahasa Cina, bahasa Arab, bahasa Jerman, dan bahasa Lainnya. Tapi untuk saat ini, bahasa Inggris masih dianggap nomor satu karena paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo belajar bahasa Inggris sekarang. Kamu bisa belajar dimana saja karena saat ini sudah banyak materi-materi bahasa Inggris yang tersebar di Internet secara gratis. Kamu bisa mendownload buku e-book, membaca blog, menonton YouTube, atau bahkan ikut kursus online. Jika kamu punya banyak waktu, kamu juga bisa ikut kursus tatap muka dan bertemu langsung dengan instruktur bahasa.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Baca juga artikel lainnya di alaguru.com

Baca juga:
3 Kunci Sukses Memulai Bisnis bagi Pemula
Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Menjanjikan dengan Modal Kecil
Kesalahan-kesalahan saat memulai bisnis

Leave a Comment